PENGARUH KONSELING REALITAS DENGAN TEKNIK METAFORA TERHADAP PERILAKU 3R SISWA DALAM MENGHADAPI BULLYING DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SIMANJUNTAK, FEBE (2024) PENGARUH KONSELING REALITAS DENGAN TEKNIK METAFORA TERHADAP PERILAKU 3R SISWA DALAM MENGHADAPI BULLYING DI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193151039_Cover.pdf] Text
1193151039_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1193151039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 1193151039_Abstrak.pdf] Text
1193151039_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1193151039_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151039_Kata_Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1193151039_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151039_Daftar_Isi.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1193151039_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151039_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1193151039_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151039_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1193151039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 1193151039_BAB_I.pdf] Text
1193151039_BAB_I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 1193151039_BAB_V.pdf] Text
1193151039_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193151039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling realitas dengan teknik metafora terhadap perilaku 3r siswa dalam menghadapi bullying. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh pengaruh konseling realitas dengan teknik metafora terhadap perilaku 3r siswa dalam menghadapi bullying di SMA Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah 5 orang siswa di kelas X.8 SMA Negeri 7 dengan skor perilaku 3R siswa dalam menghadapi bullying yang rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur perilaku 3R siswa dalam menghadapi bullying. Item pernyataan angket yang sudah valid sebanyak 32 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling realitas dengan teknik metafora dalam layanan konseling individual. Peningkatan perilaku 3R siswa dalam menghadapi bullying setelah diberikan treatment berupa konseling realitas dengan teknik metafora layanan konseling individual dengan nilai rata-rata pre-test secara keseluruhan sebesar 60,75 berada pada kategori rendah sedangkan nilai rata-rata pada post-test secara keseluruhan sebesar 105,4 berada pada kategori tinggi dengan selisih poin 44,75. Dari uji wilcoxon diketahui Asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,042 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya adalah ada perbedaan antara perilaku 3R siswa dalam menghadapi bullying untuk hasil pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “ada perngaruh konseling realita dengan teknik metafora terhadap perilaku 3R siswa dalam menghadapi bullying” di SMA Negeri 7 Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Realita dengan Teknik Metafora, Perilaku 3R dalam Menghadapi Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:22
Last Modified: 04 Feb 2025 06:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59436

Actions (login required)

View Item
View Item