Pengembangan Materi Ajar Teks Persuasi berbantuan youtube Pada Kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional

Lestari, Deffi Indah (2024) Pengembangan Materi Ajar Teks Persuasi berbantuan youtube Pada Kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111042_Cover.pdf] Text
2193111042_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2193111042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2193111042_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111042_Kata_Pengantar.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 2193111042_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111042_Daftar_Isi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 2193111042_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111042_Daftar_Tabel.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 2193111042_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193111042_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2193111042_BAB_I.pdf] Text
2193111042_BAB_I.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 2193111042_BAB_V.pdf] Text
2193111042_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2193111042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan materi ajar berbasis video pembelaajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok pembahasan materi teks persuasi dengan metode R&D; 2) menganalisis kelayakan video pembelajaran sebagai materi ajar pada pelajaran Bahasa Indonesia pokok pembahasan teks persuasi di kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode R&D dari Borg and Gall. Tahapan pengembangan meliputi kebutuhan, melakukan pengumpulan data, mendesain produk pengembangan dan melakukan validasi produk. Pengembangan divalidasi oleh tiga validator yakni ahli materi dengan penilaian mencapai 86%, ahli media, dengan penilaian mencapai penilaian 97%, dan guru mata pelajaran dengan mencapai penilaian 94%. Dari ketiga validator tersebut didapatkan rata-rata penilaian mencapai 92% yang berarti masuk kedalam kategori sangat layak. Dari keseluruhan penilaian kelayakan bahan ajar yang sudah dipaparkan, materi ajar berbasis video pembelajaran pada materi teks persuasi kelas VIII SMP ini memiliki kualitas layak dan dapat diterima sebagai media pembelajaran dengan kategori layak (valid).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Materi Ajar; Video Pembelajaran; Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:47
Last Modified: 05 Feb 2025 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59431

Actions (login required)

View Item
View Item