ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA STATISTIKA SMP NEGERI 1 BINJAI KELAS VIII

Sarasanty, Maurin Putri (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA STATISTIKA SMP NEGERI 1 BINJAI KELAS VIII. Diploma thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173111045_Cover.pdf] Text
4173111045_Cover.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4173111045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173111045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4173111045_Abstrak.pdf] Text
4173111045_Abstrak.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4173111045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173111045_Kata_Pengantar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4173111045_Daftar_Isi.pdf] Text
4173111045_Daftar_Isi.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4173111045_BAB_I.pdf] Text
4173111045_BAB_I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4173111045_BAB_V.pdf] Text
4173111045_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4173111045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173111045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan atau penyebab siswa menyelesaikan soal statistika dan mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan 3 subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Setelah instrumen dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji coba lapangan untuk dapat menganalisis kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil lembar jawaban siswa dan hasil wawancara kepada ke 3 subjek ditemukan 3 kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita statistika yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan prosedur. Siswa yang paling banyak mengalami kesalahan yaitu siswa dengan inisial MA, dan siswa yang paling sedikit mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita statistika adalah siswa dengan inisial AD. Faktor penyebab terjadinya kesalahan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah subjek dengan kesalahan konsep subjek tidak memahami konsep dari mean dan tidak menuliskan defenisi dari mean. Selanjutnya subjek dengan kesalahan prinsip adalah subjek tidak memperhatikan prasyarat dalam menggunakan rumus karena lupa bagaimana cara mengerjakan soal. Lalu subjek dengan kesalahan prosedur adalah subjek kurang teliti pada saat melakukan perhitungan jawaban akhir dikarenakan kebiasaan subjek ketika sudah memperoleh jawaban tidak melakukan pengecekan kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords: Analisis, Analisis Kesalahan, Statistika, Soal Cerita, Penelitian Kualitatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:09
Last Modified: 03 Feb 2025 07:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59391

Actions (login required)

View Item
View Item