PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 MEDAN

Sinambela, Kristin (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111084_Cover.pdf] Text
4183111084_Cover.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4183111084_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111084_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4183111084_Abstrak.pdf] Text
4183111084_Abstrak.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4183111084_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111084_Kata_Pengantar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4183111084_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111084_Daftar_Isi.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of 4183111084_BAB_I.pdf] Text
4183111084_BAB_I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4183111084_BAB_V.pdf] Text
4183111084_BAB_V.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4183111084_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111084_Daftar_Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 33 Medan dan (2) untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 33 Medan setelah menerapkan pendekatan matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 33 Medan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar yaitu untuk melihat ketuntasan dan penguasaan materi. Pada siklus I materi yang di uji tentang unsur-unsur lingkaran, keliling, dan luas lingkaran sedangkan pada siklus II tentang sudut pusat, panjang busur dan luas juring. Setelah itu, pada setiap siklus diadakan pemberian materi diawal, lalu memberikan pertanyaan dan diskusi kelompok untuk mengerjakan LKS serta mempresentasikan hasilnya. Angket minat siswa dalam belajar matematika juga diberikan ketika di awal sebelum menerapkan PMR, lalu pada akhir siklus I dan siklus II. Akibatnya diperoleh hasil tes belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal diperoleh 9 siswa (30%) tuntas dan rata-rata hasil belajar awal ialah 47,3% dengan tingkat kemampuan kategori rendah. Pada tes siklus I mengalami peningkatan diperoleh 23 siswa (76,67%) tuntas dan rata-rata hasil belajar diperoleh 79% dengan tingkat kemampuan kategori sedang. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh28 siswa (93,33%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 89% dengan tingkatkemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 33 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendekatan Pembelajaran, Matematika Realistik, Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:07
Last Modified: 03 Feb 2025 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59374

Actions (login required)

View Item
View Item