IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP ISLAM AL-FADHLI

Cindey, T. Adinda Maharani (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP ISLAM AL-FADHLI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111015_Cover.pdf] Text
4201111015_Cover.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4201111015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of 4201111015_Abstrak.pdf] Text
4201111015_Abstrak.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 4201111015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111015_Kata_Pengantar.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 4201111015_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111015_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4201111015_BAB_I.pdf] Text
4201111015_BAB_I.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of 4201111015_BAB_V.pdf] Text
4201111015_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4201111015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII-1 SMP Islam Al-Fadhli melalui penggunaan model pelajaran kooperatif tipe TGT. Masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini mencakup persepsi peserta didik bahwa matematika yaitu mata pelajaran yang sulit dan membosankan, penggunaan model pelajaran konvensional oleh guru, serta rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang melibatkan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 20 siswa kelas VII-1 SMP Islam Al-Fadhli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pelajaran kooperatif tipe TGT bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap I, nilai rata-rata kelas mencapai 70,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 50%. Pada tahap II, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 85,9 dan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85%. Selain itu, hasil observasi kepada pelaksanaan pelajaran juga menunjukkan peningkatan, dari kategori "Baik" pada tahap I dengan nilai rata-rata 81,9 menjadi kategori "Sangat Baik" pada tahap II dengan nilai rata-rata 89,8. Kesimpulannya, penggunaan model pelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam menambah hasil belajar matematika siswa. Disarankan agar guru lebih sering mengimplementasikan model ini dan siswa lebih aktif berkontribusi dalam langkah pelajaran. Peneliti selanjutnya diharapkan bisa mengelola kelas dengan baik untuk mendukung keberhasilan model pelajaran ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, TGT, Hasil belajar, Matematika, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 09:02
Last Modified: 31 Jan 2025 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59364

Actions (login required)

View Item
View Item