Wahyuni, Sry (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SMP NEGERI TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122053 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 8136122053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 8136122053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 8136122053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8136122053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM. 8136122053 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM. 8136122053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8136122053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8136122053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM. 8136122053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 8136122053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) ntuk mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan sekuensial konkrit, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dan kemampuan berpikir sekuensial terhadap hasil belajar bahasa Inggris.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tebing Tinggi dan SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Populasi terdiri atas sembilan kelas yang terdiri atas 360 siswa di SMP Negeri 7 dan delapan kelas yang terdiri atas 320 siswa di SMP Negeri 5. Sampel penelitian ditetapkan kelas VIII6 yang menggunakan model pembelajaran TTW dan kelas VIII8 yang menggunakan model pembelajaran CIRC. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sebanyak 80 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan empat pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 soal dengan koefesien reliabilitas 0.887. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji F dan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava dua Jalur pada taraf signifikansi 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW adalah = 27.89 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CIRC = 26,65 dengan Fhitung = 12.22 > Ftabel = 4.02, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan Kemampuan Berpikir Sekuensial tinggi = 29.40 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan Kemampuan Berpikir Sekuensial rendah = 24 dengan Fhitung 16.87 > Ftabel = 4.02, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dengan Fhitung = 15.19 > Ftabel = 22.36
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit adalah model pembelajaran TTW sedangkan siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran CIRC. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru bahasa Inggris yaitu dalam penerapan model pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik gaya berpikir sekuensial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Wah p |
Keywords: | Hasil belajar; Bahasa inggris; Model pembelajaran; Gaya berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5936 |