PENGEMBANGAN e-MODUL KONTEKSTUAL DENGAN FLIP PDF UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA

Sinurat, Hastiyani Br (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL KONTEKSTUAL DENGAN FLIP PDF UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111005_Cover.pdf] Text
4203111005_Cover.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4203111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203111005_Abstrak.pdf] Text
4203111005_Abstrak.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4203111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4203111005_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111005_Daftar_Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4203111005_BAB_I.pdf] Text
4203111005_BAB_I.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 4203111005_BAB_V.pdf] Text
4203111005_BAB_V.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4203111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan produk e-modul berbasis kontekstual menggunakan aplikasi Flip PDF
yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika untuk peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 1 Berastagi pada semester genap T.A. 2023/2024. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X-E5 dengan
objek penelitian berupa e-modul matematika berbasis kontekstual. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-modul berbasis kontekstual
menggunakan Flip PDF yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 3,18
yang tergolong pada kategori layak, praktis dengan persentase angket respon guru
91,66% dan persentase angket respon siswa 81,69% yang keduanya tergolong pada
kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep
berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori peningkatan sedang.
Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
menunjukkan bahwa e-modul kontekstual yang dikembangkan layak, praktis, dan
efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-Modul Kontekstual, Flip PDF, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:27
Last Modified: 31 Jan 2025 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59347

Actions (login required)

View Item
View Item