Sinurat, Hastiyani Br (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL KONTEKSTUAL DENGAN FLIP PDF UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203111005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_Cover.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 4203111005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4203111005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_Abstrak.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 4203111005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 4203111005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_Daftar_Isi.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of 4203111005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_BAB_I.pdf
Download (636kB)
![[thumbnail of 4203111005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_BAB_V.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 4203111005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (241kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan produk e-modul berbasis kontekstual menggunakan aplikasi Flip PDF
yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika untuk peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 1 Berastagi pada semester genap T.A. 2023/2024. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X-E5 dengan
objek penelitian berupa e-modul matematika berbasis kontekstual. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-modul berbasis kontekstual
menggunakan Flip PDF yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 3,18
yang tergolong pada kategori layak, praktis dengan persentase angket respon guru
91,66% dan persentase angket respon siswa 81,69% yang keduanya tergolong pada
kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep
berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori peningkatan sedang.
Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
menunjukkan bahwa e-modul kontekstual yang dikembangkan layak, praktis, dan
efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | e-Modul Kontekstual, Flip PDF, Kemampuan Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59347 |