Munandar, Haris (2024) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 SECANGGANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4172111009_Cover.pdf
Download (7kB)
4172111009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (418kB)
4172111009_Abstrak.pdf
Download (188kB)
4172111009_Kata_Pengantar.pdf
Download (450kB)
4172111009_Daftar_Isi.pdf
Download (241kB)
4172111009_BAB_I.pdf
Download (468kB)
4172111009_BAB_V.pdf
Download (228kB)
4172111009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok himpunan di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Secanggang melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Secanggang yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Hasil penelitian menunjukkan minat belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 73,7% (tergolong sedang) yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,3% (tergolong sangat tinggi). Peningkatan N-Gain minat belajar matematika siswa dari Siklus I ke siklus II sebesar 0,66 dan termasuk kedalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil belajar matematika siswa selama siklus I diperoleh 23 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 76,67%. Perolehan N-Gain hasil belajar matematika siswa dari penilaian pre-test dan post-test pada siklus I sebesar 0,60 dan termasuk kedalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar matematika siswa pada siklus II diperoleh 26 siswa yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Perolehan N-Gain hasil belajar matematika siswa dari penilaian pre-test dan post-test pada siklus II sebesar 0,65 dan termasuk kedalam kategori sedang.
Hal ini menegaskan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Secanggang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Hasil Belajar, Materi Himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:22 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59346 |