UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 SECANGGANG

Munandar, Haris (2024) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 SECANGGANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111009_Cover.pdf] Text
4172111009_Cover.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4172111009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4172111009_Abstrak.pdf] Text
4172111009_Abstrak.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4172111009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111009_Kata_Pengantar.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 4172111009_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111009_Daftar_Isi.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4172111009_BAB_I.pdf] Text
4172111009_BAB_I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 4172111009_BAB_V.pdf] Text
4172111009_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4172111009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok himpunan di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Secanggang melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Secanggang yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Hasil penelitian menunjukkan minat belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 73,7% (tergolong sedang) yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,3% (tergolong sangat tinggi). Peningkatan N-Gain minat belajar matematika siswa dari Siklus I ke siklus II sebesar 0,66 dan termasuk kedalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil belajar matematika siswa selama siklus I diperoleh 23 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 76,67%. Perolehan N-Gain hasil belajar matematika siswa dari penilaian pre-test dan post-test pada siklus I sebesar 0,60 dan termasuk kedalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar matematika siswa pada siklus II diperoleh 26 siswa yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Perolehan N-Gain hasil belajar matematika siswa dari penilaian pre-test dan post-test pada siklus II sebesar 0,65 dan termasuk kedalam kategori sedang.
Hal ini menegaskan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Secanggang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Materi Himpunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:22
Last Modified: 31 Jan 2025 07:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59346

Actions (login required)

View Item
View Item