Valentino, Gembira J. (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4172111007_Cover.pdf
Download (658kB)
4172111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (281kB)
4172111007_Abstrak.pdf
Download (845kB)
4172111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (853kB)
4172111007_Daftar_Isi.pdf
Download (826kB)
4172111007_BAB_I.pdf
Download (923kB)
4172111007_BAB_V.pdf
Download (811kB)
4172111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (186kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis pendekatan kontekstual dengan menggunakan Book Creator yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga e-modul ini berguna untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Prosedur dalam penelitian ini merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar validasi RPP, angket respon siswa dan guru, soal tes, serta RPP untuk mendukung proses uji coba. Subjek untuk uji coba e-modul matematika ini berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul matematika dinyatakan valid sehingga layak digunakan dilihat dari segi materi dan media (96,8% dan 96,6%) dengan kategori sangat valid; (2) E-modul matematika telah memenuhi kriteria kepraktisan dilihat dari hasil angket respon guru dan siswa (90% dan 85%) dengan kategori sangat praktis; (3) E-modul matematika dinyatakan efektif dilihat dari hasil angket respon siswa terhadap minat belajar dengan persentase 89,2% dan sebanyak 87,5% siswa telah memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan analisis dalam penelitian, diperoleh n-gain sebesar 0,83 sehingga e-modul matematika dalam kategori sangat efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul Matematika, Pendekatan Kontekstual, Book Creator, Minat dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 06:56 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59340 |