PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Valentino, Gembira J. (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111007_Cover.pdf] Text
4172111007_Cover.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 4172111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4172111007_Abstrak.pdf] Text
4172111007_Abstrak.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of 4172111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of 4172111007_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111007_Daftar_Isi.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of 4172111007_BAB_I.pdf] Text
4172111007_BAB_I.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of 4172111007_BAB_V.pdf] Text
4172111007_BAB_V.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of 4172111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis pendekatan kontekstual dengan menggunakan Book Creator yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga e-modul ini berguna untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Prosedur dalam penelitian ini merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar validasi RPP, angket respon siswa dan guru, soal tes, serta RPP untuk mendukung proses uji coba. Subjek untuk uji coba e-modul matematika ini berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul matematika dinyatakan valid sehingga layak digunakan dilihat dari segi materi dan media (96,8% dan 96,6%) dengan kategori sangat valid; (2) E-modul matematika telah memenuhi kriteria kepraktisan dilihat dari hasil angket respon guru dan siswa (90% dan 85%) dengan kategori sangat praktis; (3) E-modul matematika dinyatakan efektif dilihat dari hasil angket respon siswa terhadap minat belajar dengan persentase 89,2% dan sebanyak 87,5% siswa telah memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan analisis dalam penelitian, diperoleh n-gain sebesar 0,83 sehingga e-modul matematika dalam kategori sangat efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul Matematika, Pendekatan Kontekstual, Book Creator, Minat dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 06:56
Last Modified: 31 Jan 2025 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59340

Actions (login required)

View Item
View Item