Sianipar, Ganda F. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING DAN EKSPOSITORI BERBANTUAN POWERPOINT HYPERLINK PADA MATERI POKOK TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR DI KELAS X SMK NEGRI 1 LUBUK PAKAM. T.P. 2015/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5113121021 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 5113121021 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
3. NIM 5113121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 5113121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 5113121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 5113121021 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 5113121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5113121021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM 5113121021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM 5113121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 5113121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Teknologi Mekanik dari siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Possing dengan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas I program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri I Lubuk Pakam tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 61 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel. Kelas X TP I diterapkan strategi pembelajaran Problem Possing, sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran Ekspositori, yang tiap kelas terdiri dari 31 dan 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05, diperoleh Lhitung= 0,151 dan Ltabel = 0,159 , maka diperoleh Lhitung(0,151) < Ltabel(0,159) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung = 1,087 dan ftabel = 1,85, maka fhitung(1,087) < ftabel (1,85) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 2,94 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar Teknologi Mekanik siswa yang diajar menggunakan strategi Pembelajaran Problem Possing dengan pembelajaran Ekspositori. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 82,25 dan hasil belajar rata-rata kelas kontrol = 76,83
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 041 |
Keywords: | Problem Possing; Ekspositori; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 08:31 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5933 |