PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING DAN EKSPOSITORI BERBANTUAN POWERPOINT HYPERLINK PADA MATERI POKOK TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR DI KELAS X SMK NEGRI 1 LUBUK PAKAM. T.P. 2015/2015

Sianipar, Ganda F. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING DAN EKSPOSITORI BERBANTUAN POWERPOINT HYPERLINK PADA MATERI POKOK TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR DI KELAS X SMK NEGRI 1 LUBUK PAKAM. T.P. 2015/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.5113121021 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.5113121021 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5113121021 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5113121021 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5113121021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5113121021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113121021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5113121021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5113121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5113121021 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5113121021 TABLE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5113121021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5113121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5113121021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5113121021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5113121021 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5113121021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5113121021  CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5113121021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5113121021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5113121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Teknologi Mekanik dari siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Possing dengan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas I program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri I Lubuk Pakam tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 61 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel. Kelas X TP I diterapkan strategi pembelajaran Problem Possing, sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran Ekspositori, yang tiap kelas terdiri dari 31 dan 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05, diperoleh Lhitung= 0,151 dan Ltabel = 0,159 , maka diperoleh Lhitung(0,151) < Ltabel(0,159) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung = 1,087 dan ftabel = 1,85, maka fhitung(1,087) < ftabel (1,85) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 2,94 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar Teknologi Mekanik siswa yang diajar menggunakan strategi Pembelajaran Problem Possing dengan pembelajaran Ekspositori. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 82,25 dan hasil belajar rata-rata kelas kontrol = 76,83

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSN 041
Keywords: Problem Possing; Ekspositori; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jun 2016 08:31
Last Modified: 21 Jun 2016 08:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item
View Item