Simanjuntak, Eko Syahputra (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS X SMK IMMANUEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121020 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5113121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 5113121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 5113121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 5113121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 5113121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5113121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113121020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5113121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 5113121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
14. NIM. 5113121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan alat-alat ukur di kelas X SMK Immanuel Medan T.P. 2015/2016, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Immanuel Medan T.P. 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan juga memberikan tes berupa pretest yang berjumlah 10 soal pilihan ganda dan postest 1 dan 2 yang masing-masing berjumlah 10 soal pilihan ganda pada setiap siklusnya. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru serta hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan pretest sebelum memulai pembelajaran dan postest yang diberikan di akhir siklus pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang diamati meliputi: (1) mendengarkan penjelasan guru, (2) mengajukan pendapat, (3) mendengarkan pendapat teman, (4) merespon pertanyaan teman. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 69,33, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 53,33% atau 16 siswa dari 30 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 79,66, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 80% atau 24 siswa dari 30 siswa. Aktivitas rata-rata guru pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 15% setelah tindakan siklus II. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan alat-alat ukur pada siswa kelas X SMK Immanuel Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 002 |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 08:22 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5932 |