PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA

Ginting, Delfi Anggriana Br (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111083_Cover.pdf] Text
4203111083_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203111083_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111083_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4203111083_Abstrak.pdf] Text
4203111083_Abstrak.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4203111083_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111083_Kata_Pengantar.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4203111083_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111083_Daftar_Isi.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4203111083_BAB_I.pdf] Text
4203111083_BAB_I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 4203111083_BAB_V.pdf] Text
4203111083_BAB_V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4203111083_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111083_Daftar_Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 11 kelas di SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel yang dipakai pada penelitian ini berjumlah 62 siswa dengan metode purposive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sementara kelompok eksperimen yaitu kelas X-3 menerapkan strategi berdiferensiasi dengan model Project Based Learning, kelompok kontrol yaitu kelas X-2 menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis berpikir kritis siswa dipengaruhi secara signifikan oleh model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi. Hal ini dapat dilihat dari �ℎ�����(4,517)>������(1,670). Kontribusi peranan model Project Based Learning dengan strategi berdiferensiasi tergolong tinggi, dapat dilihat pada nilai effect size yang menunjukkan kontibusi sebesar 1,1472. Terjadi peningkatan rata-rata yang signifikan pada kelas eksperimen sebesar 23,7919% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 20,4303%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: effect size, Project, berdiferensiasi, kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:38
Last Modified: 31 Jan 2025 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59318

Actions (login required)

View Item
View Item