Ginting, Delfi Anggriana Br (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203111083_Cover.pdf
Download (51kB)
4203111083_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (279kB)
4203111083_Abstrak.pdf
Download (102kB)
4203111083_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
4203111083_Daftar_Isi.pdf
Download (37kB)
4203111083_BAB_I.pdf
Download (376kB)
4203111083_BAB_V.pdf
Download (278kB)
4203111083_Daftar_Pustaka.pdf
Download (217kB)
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 11 kelas di SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel yang dipakai pada penelitian ini berjumlah 62 siswa dengan metode purposive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sementara kelompok eksperimen yaitu kelas X-3 menerapkan strategi berdiferensiasi dengan model Project Based Learning, kelompok kontrol yaitu kelas X-2 menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis berpikir kritis siswa dipengaruhi secara signifikan oleh model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi. Hal ini dapat dilihat dari �ℎ�����(4,517)>������(1,670). Kontribusi peranan model Project Based Learning dengan strategi berdiferensiasi tergolong tinggi, dapat dilihat pada nilai effect size yang menunjukkan kontibusi sebesar 1,1472. Terjadi peningkatan rata-rata yang signifikan pada kelas eksperimen sebesar 23,7919% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 20,4303%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | effect size, Project, berdiferensiasi, kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:38 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59318 |