ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Panjaitan, Darma Esbon (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111004_Cover.pdf] Text
4172111004_Cover.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 4172111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of 4172111004_Abstrak.pdf] Text
4172111004_Abstrak.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 4172111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4172111004_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111004_Daftar_Isi.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 4172111004_BAB_I.pdf] Text
4172111004_BAB_I.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of 4172111004_BAB_V.pdf] Text
4172111004_BAB_V.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 4172111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar ditinjau dari indikator pemecahan masalah matematis setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar yang berjumlah 25 orang.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis.Adapun hasil penilitian sebagai berikut:(1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Phytagoras di kelas VIII SMP N 4 Sipahutar meningkat setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL).Hal ini ditunjukkan melalui hasil pre-test dan post-test .(2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terjadi pada masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah matematis,ditinjau dari hasil analisis Presentasi Penguasaan Siswa (PPS) pada hasil pre-test dan post-test.(3) Kesalahan -kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mengerjakan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kesalahan karena tidak melakukan pemeriksaan kembali sehingga siswa menuliskan kesimpulan dengan tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis,model pembelajaran Problem Based Learning (pbl)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:34
Last Modified: 31 Jan 2025 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59317

Actions (login required)

View Item
View Item