Panjaitan, Darma Esbon (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
4172111004_Cover.pdf
Download (471kB)
4172111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (855kB)
4172111004_Abstrak.pdf
Download (406kB)
4172111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (128kB)
4172111004_Daftar_Isi.pdf
Download (408kB)
4172111004_BAB_I.pdf
Download (732kB)
4172111004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (818kB)
4172111004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
4172111004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (738kB)
4172111004_BAB_V.pdf
Download (405kB)
4172111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (526kB)
4172111004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar ditinjau dari indikator pemecahan masalah matematis setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar yang berjumlah 25 orang.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis.Adapun hasil penilitian sebagai berikut:(1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Phytagoras di kelas VIII SMP N 4 Sipahutar meningkat setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL).Hal ini ditunjukkan melalui hasil pre-test dan post-test .(2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terjadi pada masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah matematis,ditinjau dari hasil analisis Presentasi Penguasaan Siswa (PPS) pada hasil pre-test dan post-test.(3) Kesalahan -kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mengerjakan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kesalahan karena tidak melakukan pemeriksaan kembali sehingga siswa menuliskan kesimpulan dengan tidak lengkap.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis,model pembelajaran Problem Based Learning (pbl) |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:34 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 01:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59317 |
