Simangunsong, Botrina Adisti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111059_Cover.pdf
Download (13kB)
4193111059_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (264kB)
4193111059_Abstrak.pdf
Download (11kB)
4193111059_Kata_Pengantar.pdf
Download (148kB)
4193111059_Daftar_Isi.pdf
Download (15kB)
4193111059_BAB_I.pdf
Download (293kB)
4193111059_BAB_V.pdf
Download (10kB)
4193111059_Daftar_Pustaka.pdf
Download (84kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana
peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya model
pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan aplikasi
GeoGebra (2) mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis siswa
dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Student Team
Achievement Division berbantuan aplikasi GeoGebra, (3) mendeskripsikan
bagaimana proses jawaban siswa ketika menyelesaikan suatu masalah matematika
berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis menggunakan model
pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan aplikasi GeoGebra.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
sebanyak dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Swasta Gajah Mada Medan yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data
yang digunakan yakni melalui tes kemampuan penalaran matematis, observasi
kemampuan guru, dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menujukkan
bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan setelah
diterapakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan
aplikasi GeogGebra dimana rata rata nilai siswa pada tes kemampuan penalaran
matematis siklus I sebesar 58,44 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,25.
Ketuntasan klasikal pada tes kemampuan penalaran matematis siswa siklus I
sebanyak 7 siswa (35%) meningkat menjadi 17 siswa (85%) pada siklus II; (2)
Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan
berbantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan. (3) Proses jawaban
siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis berkategori baik,
hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang sudah dapat memenuhi indikator
kemampuan penalaran matematis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan aplikasi
Geogebra dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII
SMP Swasta Gajah Mada Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, Kemampuan Penalaran Matematis, Aplikasi GeoGebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59314 |