Suprayetno, Agung (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 9 MEDAN, TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Agung Suprayetno 5113121004 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. Agung Suprayetno 5113121004 RATIFICATION SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. Agung Suprayetno 5113121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. Agung Suprayetno 5113121004 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. Agung Suprayetno 5113121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. Agung Suprayetno 5113121004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. Agung Suprayetno 5113121004 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. Agung Suprayetno 5113121004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. Agung Suprayetno 5113121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. Agung Suprayetno 5113121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. Agung Suprayetno 5113121004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar gambar teknik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head together (NHT) dengan model Konvensional pada siswa kelas X Program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 9 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik sepeda motor SMK Muhammadiyah 9 Medan. Pemilihan kelas digunakan secara acak atau diundi dan didapat kelas X Teknik Sepeda Motor 2 ( X-TSM 2) sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X Teknik Sepeda Motor 1 (X-TSM 1) sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Metode penelitian yang digunkan adalah eksperimen semu. Teknik penggumpulan data dijaring dengan menggunakan tes. Untuk menguji homogenitas antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji barlett pada tarap kepercayaan (α) 0,05 diperoleh, fhitung = 1,79 dan ftebel 1,84 maka diperoleh Fhitung (1,79) < Ftabel (1,84) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α = 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 2,84 dan ttabel = 1,65 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar gambar teknik siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan pembelajaran konvensional. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 83 dan hasil belajar rata-rata kelas kontrol = 77,6
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 031 |
Keywords: | Number Head Together (NHT); Konvensional; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 07:37 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5929 |