PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH METAMATIS SISWA SMP NEGERI 27 MEDAN

Munthe, Yusrika (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH METAMATIS SISWA SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311077_Cover.pdf] Text
4193311077_Cover.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4193311077_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311077_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4193311077_Abstrak.pdf] Text
4193311077_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4193311077_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311077_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311077_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311077_Daftar_Isi.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4193311077_BAB_I.pdf] Text
4193311077_BAB_I.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 4193311077_BAB_V.pdf] Text
4193311077_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4193311077_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311077_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika
realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 27
Medan sekaligus untuk mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah
matematis yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan
biasa. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs berjenis
nonequivalent control group designs dan dilaksanakan pada 29 Januari s.d. 12
Februari 2024 di SMPN 27 Medan. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu
kelas VIII-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelompok
kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan
matematika realistik sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan pendekatan
biasa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest
yang berbentuk uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan
masalah matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai
 sebesar 3,647 dan nilai  pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat
kebebasan 62 sebesar ,67. Selanjutnya nilai nilai  akan dibandingkan
dengan . Karena  >  = 3,647 > ,67, maka  diterima dan 
ditolak sehingga disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 27 Medan.
Selain itu, ketuntasan individual siswa yang diajarkan dengan pendekatan
matematika realistik lebih baik daripada ketuntasan individual siswa yang diajarkan
dengan pendekatan biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendekatan matematika realistik, pemecahan masalah matematis, ketuntasan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:07
Last Modified: 30 Jan 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59289

Actions (login required)

View Item
View Item