IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK PARABOLA SISWA KELAS X SMA DI KOTA MEDAN

Lestari, Cindi Alvionita (2024) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK PARABOLA SISWA KELAS X SMA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173321008_Cover.pdf] Text
4173321008_Cover.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4173321008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173321008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 4173321008_Abstrak.pdf] Text
4173321008_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4173321008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173321008_Kata_Pengantar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4173321008_Daftar_Isi.pdf] Text
4173321008_Daftar_Isi.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4173321008_BAB_I.pdf] Text
4173321008_BAB_I.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4173321008_BAB_V.pdf] Text
4173321008_BAB_V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4173321008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173321008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas X SMA di Kota Medan pada materi gerak parabola. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunkan sempel wilayah, sekolah yang dipilih antara lain sekolah SMAN 18 Medan yang berada di pusat kota, SMAN 7 Medan yang berada di pertengahan kota dan SMAN 11 Medan yang berada di pinggiran kota. Jumlah sampel yang diambil tiap sekolah adalah SMAN 18 sebanyak 36 siswa, SMAN 7 sebanyak 36 siswa, dan SMAN 11 sebesar 36 siswa. Instrument penelitian berupa soal pilihan berganda berjumlah 15 soal. Sebelum soal tes ini digunakan, terlebih dahulu instrument dilakukan validasi ke para ahli. Setelah tes dilakukan di tiga sekolah, data dianalisis menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index). Hasil penelitian yang diperoleh, miskonsepsi yang di alami di SMAN Z Medan sebesar 52,22 %, di SMAN X Medan sebesar 60% dan di SMAN Y Medan sebesar 38,70%. Disimpulkan bahwa miskonsepsi pada siswa kelas X terhadap materi fisika khususnya gerak parabola mencapai rata-rata lebih dari 40 %, maka dinyatakan tingkat miskonsepsi yang terjadi di SMA kota Medan masih sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Miskonsepsi, gerak parabola, identifikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:10
Last Modified: 24 Jan 2025 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59215

Actions (login required)

View Item
View Item