Zafitri, Asmelia (2024) PENGARUH MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF ASSESMENT BERTANYA SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM DAN PEMANASAN GLOBAL DI MAN 1 MEDANT.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421009_Cover.pdf
Download (28kB)
4202421009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (597kB)
4202421009_Abstrak.pdf
Download (282kB)
4202421009_Kata_Pengantar.pdf
Download (364kB)
4202421009_Daftar_Isi.pdf
Download (230kB)
4202421009_BAB_I.pdf
Download (303kB)
4202421009_BAB_V.pdf
Download (228kB)
4202421009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Flipped Learing
berbantuan Moodle terhadap Self Assesment bertanya dan hasil belajar siswa pada
materi Perubahan Iklim dan Pemanasan Global, mengetahui peningkatan keterampilan
bertanya dan hasil belajar siswa serta hubungan keterampilan bertanya dan hasil belajar
siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan two group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Medan T.A 2023/2024. Teknik
pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri terdiri dari dua kelas,
yaitu kelas eksperimen yang diterappkan pembelajaran Flipped Learning berbantuan
Moodle yang terdiri atas 38 siswa dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran
konvensional yang terdiri dari 37 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan
nontes. Tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 22 butir dengan 4 jawaban. Nontes
berupa angket keterampilan bertanya siswa yang terdiri dari 20 pertanyaan dengan 4
pilihan jawaban. Rata-rata keterampilan bertanya siswa di awal dan akhir pada kelas
eksperimen 61,21 dn 82,26, sedangkan kelas kontrol 61,11 dan 62,57. Rata-rata pretestposttest
siswa kelas eksperimen 43,26 dan 82,92 sedangkan kelas kontrol yaitu 36,73
dan 76,96. Analisis data menggunakan uji manova (multivariate analysis of variance),
uji N-gain keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 79%
dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol yaitu 15% dengan kategori rendah.
Peningkatan persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 76% dengan
kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 66% dengan kategori sedang.
Hubungan atau korelasi keterampilan bertanya siswa dengan hasil belajar siswa sebesar
0,810 dengan kategori kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Flipped Learning, Moodle, Keterampilan Bertanya, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:06 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59214 |