PENGARUH MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF ASSESMENT BERTANYA SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM DAN PEMANASAN GLOBAL DI MAN 1 MEDANT.A 2023/2024

Zafitri, Asmelia (2024) PENGARUH MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF ASSESMENT BERTANYA SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM DAN PEMANASAN GLOBAL DI MAN 1 MEDANT.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421009_Cover.pdf] Text
4202421009_Cover.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 4202421009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 4202421009_Abstrak.pdf] Text
4202421009_Abstrak.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4202421009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421009_Kata_Pengantar.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4202421009_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421009_Daftar_Isi.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4202421009_BAB_I.pdf] Text
4202421009_BAB_I.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4202421009_BAB_V.pdf] Text
4202421009_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4202421009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Flipped Learing
berbantuan Moodle terhadap Self Assesment bertanya dan hasil belajar siswa pada
materi Perubahan Iklim dan Pemanasan Global, mengetahui peningkatan keterampilan
bertanya dan hasil belajar siswa serta hubungan keterampilan bertanya dan hasil belajar
siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan two group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Medan T.A 2023/2024. Teknik
pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri terdiri dari dua kelas,
yaitu kelas eksperimen yang diterappkan pembelajaran Flipped Learning berbantuan
Moodle yang terdiri atas 38 siswa dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran
konvensional yang terdiri dari 37 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan
nontes. Tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 22 butir dengan 4 jawaban. Nontes
berupa angket keterampilan bertanya siswa yang terdiri dari 20 pertanyaan dengan 4
pilihan jawaban. Rata-rata keterampilan bertanya siswa di awal dan akhir pada kelas
eksperimen 61,21 dn 82,26, sedangkan kelas kontrol 61,11 dan 62,57. Rata-rata pretestposttest
siswa kelas eksperimen 43,26 dan 82,92 sedangkan kelas kontrol yaitu 36,73
dan 76,96. Analisis data menggunakan uji manova (multivariate analysis of variance),
uji N-gain keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 79%
dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol yaitu 15% dengan kategori rendah.
Peningkatan persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 76% dengan
kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 66% dengan kategori sedang.
Hubungan atau korelasi keterampilan bertanya siswa dengan hasil belajar siswa sebesar
0,810 dengan kategori kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Flipped Learning, Moodle, Keterampilan Bertanya, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:06
Last Modified: 24 Jan 2025 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59214

Actions (login required)

View Item
View Item