Katon, Andini Nur (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA UNGGULAN ALMANAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192121001_Cover.pdf
Download (183kB)
4192121001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (528kB)
4192121001_Abstrak.pdf
Download (409kB)
4192121001_Kata_Pengantar.pdf
Download (390kB)
4192121001_Daftar_Isi.pdf
Download (220kB)
4192121001_BAB_I.pdf
Download (305kB)
4192121001_BAB_V.pdf
Download (180kB)
4192121001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa serta hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis di kelas XI SMA Unggulan Almanar Medan. Penelitian ini menggunakan model eksperimen quasi dengan kelompok pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI-2 dengan menerapkan PjBL dan XI-1 dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay, tes kemampuan berpikir kreatif terdiri dari 8 butir soal essay dan tes pemecahan masalah terdiri dari 5 butir soal essay. Data pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen sebesar 35,3 dan 86,8, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 35,2 dan 62,0. Data pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen sebesar 27 dan 79,3, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 22,9 dan 50,2. Data dianalisis menggunakan uji manova dan korelasi kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh yang signifikan dan korelasi positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa dengan penerapan PjBL pada materi Fluida Statis. Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan pemecahan masalah siswa yaitu sebesar 0,666 dengan kategori sedang. N-gain peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dan pada kelas tersebut berada pada kategori rendah. N-gain peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen dalam kategori tinggi dan pada kelas kontrol dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning (PjBL), konvensional, berpikir kreatif, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 03:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59212 |