PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA UNGGULAN ALMANAR

Katon, Andini Nur (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA UNGGULAN ALMANAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192121001_Cover.pdf] Text
4192121001_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4192121001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192121001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 4192121001_Abstrak.pdf] Text
4192121001_Abstrak.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4192121001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192121001_Kata_Pengantar.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4192121001_Daftar_Isi.pdf] Text
4192121001_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4192121001_BAB_I.pdf] Text
4192121001_BAB_I.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 4192121001_BAB_V.pdf] Text
4192121001_BAB_V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4192121001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192121001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa serta hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan pemecahan masalah pada materi Fluida Statis di kelas XI SMA Unggulan Almanar Medan. Penelitian ini menggunakan model eksperimen quasi dengan kelompok pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI-2 dengan menerapkan PjBL dan XI-1 dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay, tes kemampuan berpikir kreatif terdiri dari 8 butir soal essay dan tes pemecahan masalah terdiri dari 5 butir soal essay. Data pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen sebesar 35,3 dan 86,8, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 35,2 dan 62,0. Data pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen sebesar 27 dan 79,3, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 22,9 dan 50,2. Data dianalisis menggunakan uji manova dan korelasi kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh yang signifikan dan korelasi positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa dengan penerapan PjBL pada materi Fluida Statis. Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan pemecahan masalah siswa yaitu sebesar 0,666 dengan kategori sedang. N-gain peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dan pada kelas tersebut berada pada kategori rendah. N-gain peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen dalam kategori tinggi dan pada kelas kontrol dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning (PjBL), konvensional, berpikir kreatif, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:56
Last Modified: 24 Jan 2025 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59212

Actions (login required)

View Item
View Item