Harahap, Nina Riana (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI KELAS VIII SMP PAB 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4173351015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_Cover.pdf
Download (23kB)
![[thumbnail of 4173351015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (430kB)
![[thumbnail of 4173351015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_Abstrak.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of 4173351015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_Kata_Pengantar.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 4173351015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_Daftar_Isi.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 4173351015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_BAB_I.pdf
Download (182kB)
![[thumbnail of 4173351015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_BAB_V.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 4173351015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII SMP PAB 8 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian ini
terdiri dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 25 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling, kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran PjBL dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 soal untuk mengukur hasil belajar dan tes uraian sebanyak 5 soal untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa. Data pretest hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 40,2 dan 33,92, sedangkan kelas kontrol sebesar 37,93 dan 30,8. Data posttest hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 86,2 dan 79,2, sedangkan kelas kontrol adalah 61,8 dan 62,4. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji manova (multivariate analysis of variance) dengan syarat data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif. Peningkatan N-gain hasil belajar pada kelas
eksperimen adalah 0,77 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,38 dengan kategori sedang. Peningkatan N-gain keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen adalah 0,69 dan kelas kontrol 0,46 yang masing-masing dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 641.308 Har p |
Keywords: | Project based learning; Hasil belajar; Berpikir kreatif; Zat aditif; Zat adiktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 03:00 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59210 |