PENGARUH MEDIA ISPRING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII MTS N 2 MEDAN

Syahputri, Rindy Ika (2024) PENGARUH MEDIA ISPRING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII MTS N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191151012_Cover.pdf] Text
4191151012_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4191151012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191151012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4191151012_Abstrak.pdf] Text
4191151012_Abstrak.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4191151012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191151012_Kata_Pengantar.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4191151012_Daftar_Isi.pdf] Text
4191151012_Daftar_Isi.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4191151012_BAB_I.pdf] Text
4191151012_BAB_I.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 4191151012_BAB_V.pdf] Text
4191151012_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4191151012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191151012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Ispring terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS N 2 Medan yang berjumlah 12 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII4 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII5 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata nilai 58.166 ± 6.4971. sebaran kemampuan awal siswa masih berada dibawah nilai KKTP dengan kategori rendah > 70 dan mengalami peningkatan pada sebaran kemampuan akhir diantara rentang nilai 89.5 ± 4.2243. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t (dua pihak/independent sample t test) dengan menggunakan program SPSS 26.0 for windows dengan taraf signifikansi α (0,05), jika diperoleh hasil sig < α (0,05) maka Ha diterima dan HO ditolak begitu sebaliknya. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media Ispring diperoleh sig 0.036 < α (0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajaran dengan media pembelajaran Ispring pada materi wujud zat dan perubahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.712 Sya p
Keywords: Media Ispring; Hasil belajar; Problem based learning; Wujud zat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:49
Last Modified: 30 Apr 2025 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59199

Actions (login required)

View Item
View Item