PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN

Purba, Fitri Yani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111064_Cover.pdf] Text
4193111064_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4193111064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4193111064_Abstrak.pdf] Text
4193111064_Abstrak.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193111064_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111064_Kata_Pengantar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193111064_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111064_Daftar_Isi.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4193111064_BAB_I.pdf] Text
4193111064_BAB_I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4193111064_BAB_V.pdf] Text
4193111064_BAB_V.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4193111064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhdap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang dipergunakan yakni quasi eksperiment dengan mempergunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen serta kelas control dengan desain penelitian pretest -posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran think pair share) dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) dan dilaksanakan pada bulan oktober 2023 di SMP Negeri 7 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest dalam bentuk uraian. Data hasil tes dianalisis menggunakan pengujian t-test. Dari hasil analisis diperoleh hasil uji t diperoleh nilai thitung (6,351) > ttabel (1,97777) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dari hasil uji nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima,yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara ratra-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas control dengan artian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Pur p
Keywords: Think pair share; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematis; Relasi dan Fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 09:09
Last Modified: 22 Jan 2025 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59147

Actions (login required)

View Item
View Item