Purba, Fitri Yani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111064_Cover.pdf
Download (78kB)
4193111064_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (158kB)
4193111064_Abstrak.pdf
Download (80kB)
4193111064_Kata_Pengantar.pdf
Download (111kB)
4193111064_Daftar_Isi.pdf
Download (161kB)
4193111064_BAB_I.pdf
Download (250kB)
4193111064_BAB_V.pdf
Download (78kB)
4193111064_Daftar_Pustaka.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhdap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang dipergunakan yakni quasi eksperiment dengan mempergunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen serta kelas control dengan desain penelitian pretest -posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran think pair share) dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) dan dilaksanakan pada bulan oktober 2023 di SMP Negeri 7 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest dalam bentuk uraian. Data hasil tes dianalisis menggunakan pengujian t-test. Dari hasil analisis diperoleh hasil uji t diperoleh nilai thitung (6,351) > ttabel (1,97777) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dari hasil uji nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima,yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara ratra-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas control dengan artian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Pur p |
Keywords: | Think pair share; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematis; Relasi dan Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 09:09 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59147 |