Saragih, Tawarina Dameria (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan model
pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar
siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunkan eksperimen semu dengan
metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah uji- t dua pihak.
Dari hasil analisis data hasil belajar diperoleh Terdapat perbedaan hasil belajar siswa
pada materi Ikatan Kimia dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL)
dan Discovery Learning (DL). Dari hasil yang diperoleh yaitu thitung>t tabel (5,63<1,66).
Dari hasil nilai rata-rata posttest dibandingkan dengan nilai rata-rata KKM mata
pelajaran kimia, terdapat pengaruh yang siginifikan model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia yaitu ( 87,5 > 75), dan
terdapat juga pengaruh yang siginifikan model pembelajaran Discovery Learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia yaitu ( 81,29>75). Dan
berdasarkan nilai posttest juga yaitu ( 87,5> 81,29) hasil belajar siswa model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi ikatan kimia lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar Discovery Learning pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Discovery learning, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 08:04 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59137 |