PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Saragih, Tawarina Dameria (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan model
pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar
siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunkan eksperimen semu dengan
metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah uji- t dua pihak.
Dari hasil analisis data hasil belajar diperoleh Terdapat perbedaan hasil belajar siswa
pada materi Ikatan Kimia dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL)
dan Discovery Learning (DL). Dari hasil yang diperoleh yaitu thitung>t tabel (5,63<1,66).
Dari hasil nilai rata-rata posttest dibandingkan dengan nilai rata-rata KKM mata
pelajaran kimia, terdapat pengaruh yang siginifikan model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia yaitu ( 87,5 > 75), dan
terdapat juga pengaruh yang siginifikan model pembelajaran Discovery Learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia yaitu ( 81,29>75). Dan
berdasarkan nilai posttest juga yaitu ( 87,5> 81,29) hasil belajar siswa model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi ikatan kimia lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar Discovery Learning pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Discovery learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:04
Last Modified: 22 Jan 2025 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59137

Actions (login required)

View Item
View Item