PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA

Sari, Leny Nopvila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131076_Cover.pdf] Text
4203131076_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131076_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Abstrak.pdf] Text
4203131076_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131076_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131076_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_BAB_I.pdf] Text
4203131076_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_BAB_V.pdf] Text
4203131076_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131076_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik diajar dengan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model ICARE sebesar (81,33) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model konvensional yaitu (65,16) dan rata-rata aktivitas belajar peserta didik menggunakan model ICARE yaitu 80,70 lebih tinggi dari rata-rata aktivitas belajar peserta didik menggunakan model konvensional yaitu 57,83. Hasil hipotesis untuk hasil belajar dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dengan α = 0,05 diperoleh nilai Sig. 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan untuk aktivitas belajar diperoleh juga nilai Sig. 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model ICARE lebih tinggi dari pada hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model konvensional pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, ICARE, Konvensional, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:47
Last Modified: 22 Jan 2025 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59117

Actions (login required)

View Item
View Item