Putri, Khairunnisa (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA SWASTA R.A KARTINI KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203311004_Cover.pdf
Download (219kB)
4203311004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (630kB)
4203311004_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4203311004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4203311004_Daftar_Isi.pdf
Download (814kB)
4203311004_BAB_I.pdf
Download (4MB)
4203311004_BAB_V.pdf
Download (720kB)
4203311004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta R.A Kartini Kota Tebing Tinggi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Barisan Aritmatika.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus .Subjek pada penelitian ini yaitu 31 orang siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta R.A Kartini Kota Tebing Tinggi.Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi.Sebelum melaksanakan siklus I,dilakukan tes diagnostik yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberi tindakan dan pada setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberi tindakan.Pada hasil tes diagnostik menunjukkan bahwa terdapat 12 orang siswa (38,7%)yang tergolong dalam kategori rendah,10 0rang siswa (32,2%)yang tergolong dalam kategori rendah ,dan 9 orang siswa (29,1%)yang tergolong dalam kategori sedang.Kemudian hasil analisis data pada siklus I memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 74,51% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 85,80%.dan hasil analisis ketuntasan klasikal persentase rata-rata kelas sebesar 85,80% dan hasil analisis ketuntasan klasikal pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70,97% yaitu terdapat 22 orang siswa yang telah mencapai KKM, selanjutnya ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu memperoleh persentase sebesar 87,09% yaitu terdapat 27 orang siswa yang telah mencapai KKM.Dari data tersebut terlihat bahwa terdapat peningkatan dari tes diagnostik, tes siklus I,dan tes siklus II.Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembeljaran menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray tergolong dala kategori baik dalam memperoleh skor sebesar 3,31.Berdasarkan data tersebut,maka indiikator penelitian ini telah terpenuhi.Dengan demikian berdasarkan data yang diperoleh,maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta R.A Kartini Kota Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Put p |
Keywords: | Two stay two stray; Hasil belajar; Barisan aritmatika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59085 |