PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA SWASTA R.A KARTINI KOTA TEBING TINGGI

Putri, Khairunnisa (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA SWASTA R.A KARTINI KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311004_Cover.pdf] Text
4203311004_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4203311004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 4203311004_Abstrak.pdf] Text
4203311004_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203311004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311004_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203311004_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311004_Daftar_Isi.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of 4203311004_BAB_I.pdf] Text
4203311004_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203311004_BAB_V.pdf] Text
4203311004_BAB_V.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 4203311004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta R.A Kartini Kota Tebing Tinggi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Barisan Aritmatika.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus .Subjek pada penelitian ini yaitu 31 orang siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta R.A Kartini Kota Tebing Tinggi.Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi.Sebelum melaksanakan siklus I,dilakukan tes diagnostik yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberi tindakan dan pada setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberi tindakan.Pada hasil tes diagnostik menunjukkan bahwa terdapat 12 orang siswa (38,7%)yang tergolong dalam kategori rendah,10 0rang siswa (32,2%)yang tergolong dalam kategori rendah ,dan 9 orang siswa (29,1%)yang tergolong dalam kategori sedang.Kemudian hasil analisis data pada siklus I memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 74,51% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 85,80%.dan hasil analisis ketuntasan klasikal persentase rata-rata kelas sebesar 85,80% dan hasil analisis ketuntasan klasikal pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70,97% yaitu terdapat 22 orang siswa yang telah mencapai KKM, selanjutnya ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu memperoleh persentase sebesar 87,09% yaitu terdapat 27 orang siswa yang telah mencapai KKM.Dari data tersebut terlihat bahwa terdapat peningkatan dari tes diagnostik, tes siklus I,dan tes siklus II.Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembeljaran menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray tergolong dala kategori baik dalam memperoleh skor sebesar 3,31.Berdasarkan data tersebut,maka indiikator penelitian ini telah terpenuhi.Dengan demikian berdasarkan data yang diperoleh,maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta R.A Kartini Kota Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Put p
Keywords: Two stay two stray; Hasil belajar; Barisan aritmatika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:56
Last Modified: 23 Jan 2025 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59085

Actions (login required)

View Item
View Item