Ompusunggu, Souvenirwaty (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111032_Cover.pdf
Download (63kB)
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
4191111032_Abstrak.pdf
Download (500kB)
4191111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (958kB)
4191111032_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
4191111032_BAB_I.pdf
Download (685kB)
4191111032_BAB_V.pdf
Download (382kB)
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (437kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) dengan Pendekatan Concrete Representational Abstract lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap kemampuan spasial murid dikelas VIII SMP Negeri 1 Bosarmaligas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bosarmaligas T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Sampling Purposive. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas ialah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil riset diperoleh �ℎ�����>������ (5.07 ≤1,670) yang artinya terdapat perbedaan rerata parameter kemampuan spasial murid yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (Cra) dibandingkan murid yang diajar dengan model konvensional. Selanjutnya dengan uji analisis pengerahuh diperoleh Fhitung = 11.3898 Ftabel = 4.01 maka Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (Cra) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan spasial murid SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Spasial, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ), Pendekatan Concrete Representational Abstract (Cra). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:27 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59071 |