PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Grace S, Kristina (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111025_Cover.pdf] Text
4193111025_Cover.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193111025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111025_Abstrak.pdf] Text
4193111025_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193111025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111025_Kata_Pengantar.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 4193111025_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111025_Daftar_Isi.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193111025_BAB_I.pdf] Text
4193111025_BAB_I.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 4193111025_BAB_V.pdf] Text
4193111025_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4193111025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan problem based learning dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan; (2) mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana pada tahap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dimana rata-rata siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebesar 62,94, meningkat menjadi 80,47 pada siklus II dan ketuntasan klasikal pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebanyak 17 siswa (53,13%) meningkat menjadi 28 siswa (87,5%) pada siklus II; (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang sudah dapat memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Gra p
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Proses jawaban siswa; Koordinat kartesius
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:25
Last Modified: 23 Jan 2025 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59065

Actions (login required)

View Item
View Item