Grace S, Kristina (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193111025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_Cover.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 4193111025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4193111025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_Abstrak.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 4193111025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_Kata_Pengantar.pdf
Download (556kB)
![[thumbnail of 4193111025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_Daftar_Isi.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 4193111025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_BAB_I.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 4193111025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_BAB_V.pdf
Download (170kB)
![[thumbnail of 4193111025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan problem based learning dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan; (2) mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana pada tahap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dimana rata-rata siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebesar 62,94, meningkat menjadi 80,47 pada siklus II dan ketuntasan klasikal pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebanyak 17 siswa (53,13%) meningkat menjadi 28 siswa (87,5%) pada siklus II; (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang sudah dapat memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Gra p |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Proses jawaban siswa; Koordinat kartesius |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:25 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59065 |