PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Auliza, Elsa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111079_Cover.pdf] Text
4183111079_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4183111079_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111079_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4183111079_Abstrak.pdf] Text
4183111079_Abstrak.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of 4183111079_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111079_Kata_Pengantar.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4183111079_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111079_Daftar_Isi.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 4183111079_BAB_I.pdf] Text
4183111079_BAB_I.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 4183111079_BAB_V.pdf] Text
4183111079_BAB_V.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 4183111079_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111079_Daftar_Pustaka.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII – 4 sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbantuan video pembelajaran dan kelas VIII – 5 sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen pada penelitian ini berupa tes dan angket yang telah diuji kelayakan / kualitasnya, adapun uji yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji T-test independent. Setelah dilakukan pengujian data kemampuan pemecahan masalah diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya dilakukan pengujian data kemandirian belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa model flipped classroom tipe peer instruction flipped berbantuan video pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar. Berdasarkan uji cohen’s diperoleh bahwa model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbantuan video pembelajaran berpengaruh sebesar 86% terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan berpengaruh sebesar 82% terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.785 Aul p
Keywords: Flipped classroom; Video pembelajaran; Pemecahan masalah; Kemandirian belajar; Teorema pythagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:54
Last Modified: 22 Jan 2025 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59056

Actions (login required)

View Item
View Item