PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BERPIKIR KRITIS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Ramadhana, Gery Haris (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BERPIKIR KRITIS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163131015 COVER.pdf] Text
1. NIM. 4163131015 COVER.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 2. NIM. 4163131015 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 4163131015 APPROVAL SHEET.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 3. NIM. 4163131015 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 4163131015 ABSTRACT.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4. NIM. 4163131015 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 4163131015 PREFACE.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 5. NIM. 4163131015 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 4163131015 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 9. NIM. 4163131015 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 4163131015 CHAPTER I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 13. NIM. 4163131015 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 4163131015 CHAPTER V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 14. NIM. 4163131015 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 4163131015 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem based learning berbasis berpikir kritis lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan model Direct instruction (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem based learning berbasis berpikir kritis lebih tinggi dari pada model pembelajaran Direct instruction pada materi Asam Basa, data yang terdapat dalam penelitian ini diperoleh dari pretest yang diujikan sebelum dilakukan proses pembelajaran pada kedua kelompok sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dan posttest yang diujikan setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan model Problem based learning berbasis berpikir kritis pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Direct instruction pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh nilai gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 77%, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 62%. Hasil dari selisih peningkatan hasil belajar antara kedua kelas adalah sebesar 15%. Kemudian dari hasil penelitian diperoleh rata-rata penilaian aktivitas siswa untuk kelas eksperimen sebesar 70 untuk kelas kontrol sebesar 56.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Ram p
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Asam basa; Hasil belajar; Aktivitasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:34
Last Modified: 08 Nov 2024 07:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59018

Actions (login required)

View Item
View Item