Haz, Emalia Syafitri (2023) PENGARUH BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4191131030 COVER.pdf
Download (20kB)
2. NIM 4191131030 APPROVAL SHEET.pdf
Download (87kB)
3. NIM 4191131030 ABSTRACTS.pdf
Download (69kB)
4. NIM 4191131030 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (138kB)
5. NIM 4191131030 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (153kB)
9. NIM 4191131030 CHAPTER I.pdf
Download (72kB)
13. NIM 4191131030 CHAPTER V.pdf
Download (67kB)
14. NIM 4191131030 REFERENCES.pdf
Download (132kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh bahan ajar laju reaksi berbasis nilai religius terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) Apakah ada korelasi antara peningkatan hasil belajar siswa dengan sikap spiritual siswa pokok bahasan laju reaksi yang diajarkan menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai religius dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal valid dan reliabel (0,862) dan angket sikap spiritual. Analisis data yang digunakan yakni Uji Non parametrik uji Mann- Whitney Test dengan taraf signifikansi α (0,05) dan uji korelasi. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan kemampuan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar laju reaksi terintegrasi nilai religiusmenggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingmenggunakan bahan ajar Kimia SMA/MA dengan model inkuiri terbimbing yakni (0,037 < 0,05), bahan ajar laju reaksi terintegrasi nilai religius memberikan nilai positif
kepada siswa, dan terdapat hubungan/korelasi antara hasil belajar dengan sikap spiritual siswa sebesar 0,461 pada kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Haz p |
Keywords: | Bahan ajar, Berorientasi inkuiri terbimbing, Laju reaksi, Nilai-nilai religius, Spiritual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 18:54 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 18:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59014 |