PENGARUH BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Haz, Emalia Syafitri (2023) PENGARUH BAHAN AJAR LAJU REAKSI BERBASIS NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4191131030 COVER.pdf] Text
1. NIM 4191131030 COVER.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 2. NIM 4191131030 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4191131030 APPROVAL SHEET.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 3. NIM 4191131030 ABSTRACTS.pdf] Text
3. NIM 4191131030 ABSTRACTS.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4. NIM 4191131030 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
4. NIM 4191131030 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 5. NIM 4191131030 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 4191131030 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 9. NIM 4191131030 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4191131030 CHAPTER I.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 13. NIM 4191131030 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4191131030 CHAPTER V.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 14. NIM 4191131030 REFERENCES.pdf] Text
14. NIM 4191131030 REFERENCES.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh bahan ajar laju reaksi berbasis nilai religius terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) Apakah ada korelasi antara peningkatan hasil belajar siswa dengan sikap spiritual siswa pokok bahasan laju reaksi yang diajarkan menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai religius dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal valid dan reliabel (0,862) dan angket sikap spiritual. Analisis data yang digunakan yakni Uji Non parametrik uji Mann- Whitney Test dengan taraf signifikansi α (0,05) dan uji korelasi. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan kemampuan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar laju reaksi terintegrasi nilai religiusmenggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingmenggunakan bahan ajar Kimia SMA/MA dengan model inkuiri terbimbing yakni (0,037 < 0,05), bahan ajar laju reaksi terintegrasi nilai religius memberikan nilai positif
kepada siswa, dan terdapat hubungan/korelasi antara hasil belajar dengan sikap spiritual siswa sebesar 0,461 pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Haz p
Keywords: Bahan ajar, Berorientasi inkuiri terbimbing, Laju reaksi, Nilai-nilai religius, Spiritual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Nov 2024 18:54
Last Modified: 05 Nov 2024 18:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59014

Actions (login required)

View Item
View Item