PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HANDOUT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Defi, Elfrida (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HANDOUT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4193131026 COVER.pdf] Text
1. NIM 4193131026 COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 2. NIM 4193131026 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4193131026 APPROVAL SHEET.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 3. NIM 4193131026 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4193131026 ABSTRACT.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4. NIM 4193131026 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4193131026 PREFACE.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 5. NIM 4193131026 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4193131026 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 9. NIM 4193131026 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4193131026 CHAPTER I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 13. NIM 4193131026 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4193131026 CHAPTER V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 14. NIM 4193131026 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4193131026 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model learning cycle 5E dengan menggunakan media pembelajaran handout dan PowerPoint (PPt) pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajar menggunakan model learning cycle 5E berbantuan media handout dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang diajar menggunakan model learning cycle 5E berbantuan media PPt. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Media handout yang digunakan dalam penelitian ini telah divalidasi oleh tiga validator ahli dan layak digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kedua kelas dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 85,33 dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar 80,67.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Elf p
Keywords: Learning cycle 5E; Handout; Asam basa; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Nov 2024 19:42
Last Modified: 03 Nov 2024 19:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59008

Actions (login required)

View Item
View Item