SIREGAR, NUR SALIMAH (2023) Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Vidio Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Skala dan Perbandingan di Kelas V SDS Attaufiq T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192311001_Cover.pdf
Download (23kB)
1192311001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (231kB)
1192311001_Abstrak.pdf
Download (87kB)
1192311001_Kata_Pengantar.pdf
Download (144kB)
1192311001_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
1192311001_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
1192311001_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
1192311001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (82kB)
1192311001_BAB_I.pdf
Download (173kB)
1192311001_BAB_V.pdf
Download (73kB)
1192311001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (216kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model Problem Based Learning berbantuan vidio pembelajaran dan
Inquiry Learning pada materi skala dan perbandingan. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VA dan VB. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal,
lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik uji normalitas dan homogenitas
menyatakan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal dan homogeny. Uji
hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh t hitung 25,339 dan t tabel 2,064.,
sehingga diperoleh t hitung > t tabel dengan standar devisiasi pada pre-test 9,76
dan pada pos-test 13,67 dengan taraf signifikansi 5% (25,339 > 2,064). Dari data
hasil uji statistik disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya
penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio
visual vidio pembelajaran lebih efektif dibandingkan penggunaan model Inquiry
Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa materi skala dan perbandingan
di kelas V SDS Attaufiq T A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58989 |