Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Vidio Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Skala dan Perbandingan di Kelas V SDS Attaufiq T.A 2022/2023.

SIREGAR, NUR SALIMAH (2023) Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Vidio Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Skala dan Perbandingan di Kelas V SDS Attaufiq T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192311001_Cover.pdf] Text
1192311001_Cover.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 1192311001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192311001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1192311001_Abstrak.pdf] Text
1192311001_Abstrak.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1192311001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192311001_Kata_Pengantar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 1192311001_Daftar_Isi.pdf] Text
1192311001_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1192311001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192311001_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1192311001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192311001_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1192311001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192311001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1192311001_BAB_I.pdf] Text
1192311001_BAB_I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 1192311001_BAB_V.pdf] Text
1192311001_BAB_V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 1192311001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192311001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model Problem Based Learning berbantuan vidio pembelajaran dan
Inquiry Learning pada materi skala dan perbandingan. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VA dan VB. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal,
lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik uji normalitas dan homogenitas
menyatakan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal dan homogeny. Uji
hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh t hitung 25,339 dan t tabel 2,064.,
sehingga diperoleh t hitung > t tabel dengan standar devisiasi pada pre-test 9,76
dan pada pos-test 13,67 dengan taraf signifikansi 5% (25,339 > 2,064). Dari data
hasil uji statistik disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya
penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio
visual vidio pembelajaran lebih efektif dibandingkan penggunaan model Inquiry
Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa materi skala dan perbandingan
di kelas V SDS Attaufiq T A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:39
Last Modified: 09 Jan 2025 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58989

Actions (login required)

View Item
View Item