PRATIWI, NOVIA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated And Reading Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V Di SD 107399 Bandar Khalipah. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193111093_Cover.pdf
Download (226kB)
1193111093_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (346kB)
1193111093_Abstrak.pdf
Download (189kB)
1193111093_Kata_Pengantar.pdf
Download (304kB)
1193111093_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
1193111093_Daftar_Gambar.pdf
Download (182kB)
1193111093_Daftar_Tabel.pdf
Download (185kB)
1193111093_Daftar_Lampiran.pdf
Download (190kB)
1193111093_BAB_I.pdf
Download (404kB)
1193111093_BAB_V.pdf
Download (190kB)
1193111093_Daftar_Pustaka.pdf
Download (434kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan model pembelajaran bervariasi serta pembelajaran yang masih bersifat teacher centered yang menyebabkan tingkat keaktifan belajar siswa di kelas rendah. Sehingga guru memiliki kewajiban untuk meningkatkan keaktifan belajar siswanya yaitu dengan memilih model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Salah satunya dengan model Cooperative Integrated and Reading Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated and Reading Composition (CIRC) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema 7 subtema 1 kelas V SD 107399 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design. Sampel berjumlah 50 siswa kelas VB (kelas eksperimen) dan VC (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis kedua kelas menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,954 dan ttabel = 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil angket menunjukkan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 80% > 69,3%. Hasil observasi juga menunjukkan kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 79,5% > 68,5%. Dengan demikian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada penggunaan model Cooperative Integrated and Reading Composition (CIRC) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema 7 subtema 1 kelas V SD 107399 Bandar Khalipah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Cooperative Integrated and Reading Composition (CIRC) Keaktifan belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58988 |