NOVIAWANDA, NASYA (2023) Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311029_Cover.pdf
Download (86kB)
1193311029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (754kB)
1193311029_Abstrak.pdf
Download (211kB)
1193311029_Kata_Pengantar.pdf
Download (332kB)
1193311029_Daftar_Isi.pdf
Download (400kB)
1193311029_Daftar_Gambar.pdf
Download (207kB)
1193311029_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
1193311029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
1193311029_BAB_I.pdf
Download (514kB)
1193311029_BAB_V.pdf
Download (327kB)
1193311029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (218kB)
Abstract
Latar belakang pada penelitian di SD Negeri 122349 Pematang Siantar, menemukan beberapa permasalahan, yaitu 1) Guru hanya bertumpu pada buku paket sebagai sumber belajar, 2) Peserta didik cepat merasa bosan di dalam kegiatan belajar mengajar dengan metode ceramah, maka hal ini menjadi salah
satu faktor pembelajaran menjadi kurang efektif dan hasil belajar yang kurang optimal, 3) Hasil Belajar IPA siswa di kelas IV A masih tergolong kategori rendah, 4) Guru masih kurang memaksimalkan kualitas belajar dengan penggunaan sumber belajar yang bervariasi dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas IV A SD Negeri 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. 2) Hasil belajar IPA siswa pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 di kelas IV A SD Negeri 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV A yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan lembar observasi pembelajaran. Hasil presentase menunjukkan bahwa 1) Diperoleh hasil yang meningkat dari nilai pre-test 14% meningkat menjadi 64%. Dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPA Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 122349 Pematang Siantar T.A 2022/2023. 2) Dari perhitungan uji t diperoleh thitung = (-8.237) dan ttabel = 0,381 dimana ttabel dengan df = 27 pada taraf signifikasi 5% dengan nilai 0,381 mutlak. Maka dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemanfaatan Lingkungan Sekolah; Sumber Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:39 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58974 |