NADILLA, NADILLA (2023) Problem-Based Learning Berbantuan Media Donat Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Soal Cerita Kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411002_Cover.pdf
Download (196kB)
1192411002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192411002_Abstrak.pdf
Download (189kB)
1192411002_Kata_Pengantar.pdf
Download (392kB)
1192411002_Daftar_Isi.pdf
Download (280kB)
1192411002_Daftar_Gambar.pdf
Download (279kB)
1192411002_Daftar_Tabel.pdf
Download (285kB)
1192411002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (284kB)
1192411002_BAB_I.pdf
Download (423kB)
1192411002_BAB_V.pdf
Download (304kB)
1192411002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (408kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based
Learning berbantuan media donut pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Matematika materi soal cerita pecahan. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri 107399 Bandar Khalipah Tahun Ajaran
2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah
46 orang siswa yang diambil dengan menggunakan sampel kelompok atau cluster
sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan
metode quasi eksperimen atau eksperimen nyata. Kemudian penelitian ini
menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design, yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua kelas
yang diteliti yaitu kelas eksperimen (model Problem-Based Learning berbantuan
media donut pecahan) dan kelas kontrol (model konvensional). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model Problem-Based Learning berbantuan media donut
pecahan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran Matematika materi soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri
107399 Bandah Khalipah Tahun Ajaran 2022/2023 dan hasil belajar kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian temuan peneliti tersebut, disarankan bagi guru untuk
menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media donut pecahan
dalam mata pelajaran Matematika materi soal cerita pecahan pada siswa kelas IV
Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem-Based Learning; Donut Pecahan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:37 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58970 |