Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SDN 091617 Serbelawan. Skripsi.

MALAU, MONIKA AFRIANI (2023) Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SDN 091617 Serbelawan. Skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111053_Cover.pdf] Text
1193111053_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1193111053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111053_Abstrak.pdf] Text
1193111053_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 1193111053_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111053_Kata_Pengantar.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 1193111053_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111053_Daftar_Isi.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1193111053_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111053_Daftar_Gambar.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 1193111053_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111053_Daftar_Tabel.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1193111053_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111053_Daftar_Lampiran.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 1193111053_BAB_I.pdf] Text
1193111053_BAB_I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 1193111053_BAB_V.pdf] Text
1193111053_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1193111053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan berbicara siswa tema organ gerak hewan dan manusia kelas V SDN 091617 Serbelawan. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 091617 Serbelawan yang berjumlah 30 siswa tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada Pre-Test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 091617 yang berjumlah 30 siswa yaitu 57,5. Hasil nilai rata-rata siswa menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa di kelas V masih rendah. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture, yang setelah dilakukan Post-Test memperoleh nilai rata-rata 76,5 dengan nilai kriteria ketuntasan minimum sebesar 70. Pada pengujian One Sample t Test dengan nilai Post-Test thitung>ttabel (16,74573506>2,045229642) maka kesimpulan yang diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture berhasil memberikan peningkatan keterampilan berbicara siswa tema organ gerak hewan dan manusia kelas V SDN 091617 Serbelawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Picture and Picture; Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:35
Last Modified: 09 Jan 2025 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58966

Actions (login required)

View Item
View Item