SIREGAR, LUSIANA (2023) Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111010_Cover.pdf
Download (222kB)
1193111010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (353kB)
1193111010_Abstrak.pdf
Download (451kB)
1193111010_Kata_Pengantar.pdf
Download (310kB)
1193111010_Daftar_Isi.pdf
Download (231kB)
1193111010_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
1193111010_Daftar_Tabel.pdf
Download (215kB)
1193111010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (10kB)
1193111010_BAB_I.pdf
Download (344kB)
1193111010_BAB_V.pdf
Download (333kB)
1193111010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (446kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap Motivasi belajar siswa kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN 101820 Pancur Batu sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sedehana dan uji signifikan (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas (X) terhadap motivasi belajar siswa (X) pada siswa di kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung untuk variabel keterampilan guru dalam pengelolaan kelas (X) adalah 5.214 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,690924 sehingga thitung > ttabel (5.214 > 1, 690924), dengan nilai = 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas VSDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58957 |