Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023

SIREGAR, LUSIANA (2023) Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111010_Cover.pdf] Text
1193111010_Cover.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1193111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1193111010_Abstrak.pdf] Text
1193111010_Abstrak.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 1193111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1193111010_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111010_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1193111010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111010_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1193111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1193111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 1193111010_BAB_I.pdf] Text
1193111010_BAB_I.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 1193111010_BAB_V.pdf] Text
1193111010_BAB_V.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1193111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (446kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap Motivasi belajar siswa kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN 101820 Pancur Batu sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sedehana dan uji signifikan (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas (X) terhadap motivasi belajar siswa (X) pada siswa di kelas V SDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung untuk variabel keterampilan guru dalam pengelolaan kelas (X) adalah 5.214 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,690924 sehingga thitung > ttabel (5.214 > 1, 690924), dengan nilai = 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas VSDN 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:33
Last Modified: 09 Jan 2025 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58957

Actions (login required)

View Item
View Item