SITUMORANG, LIDIA (2023) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 055981 Beruam Kec. Kuala T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411045_Cover.pdf
Download (269kB)
1192411045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (695kB)
1192411045_Abstrak.pdf
Download (217kB)
1192411045_Kata_Pengantar.pdf
Download (310kB)
1192411045_Daftar_Isi.pdf
Download (519kB)
1192411045_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
1192411045_Daftar_Tabel.pdf
Download (338kB)
1192411045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (216kB)
1192411045_BAB_I.pdf
Download (349kB)
1192411045_BAB_V.pdf
Download (217kB)
1192411045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang disiplin belajar siswa kelas V di SD Negeri 055981 Beruam Kec. Kuala T.A 2022/2023, hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 055981 Beruam Kec. Kuala T.A 2022/2023, serta pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 055981 Beruam Kec. Kuala T.A 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post Facto, dengan populasi seluruh siswa kelas V di SD Negeri 055981 Beruam Kec. Kuala T.A 2022/2023 yang berjumlah 25 orang, dengan sampel adalah seluruh populasi atau disebut dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai disiplin belajar siswa berpusat pada kategori sedang dengan persentase sebesar 60%. Hasil belajar siswa juga berpusat pada kategori sedang dengan persentase sebesar 64%. Dari uji regresi linear sederhana, diperoleh persamaan regresi yaitu Y=47,001 + 0,463X, artinya penambahan 1% nilai disiplin belajar, maka hasil belajar akan bertambah sebesar 0,463. Diperoleh juga hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,412, artinya variabel disiplin belajar siswa memberikan sumbangan pengaruh sebesar 41,2% terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan sisanya sebesar 58,8 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar; Hasil Belajar; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58954 |