ALYA, KHARISMA RAMADHANI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 010247 Silo Lama Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111051_Cover.pdf
Download (208kB)
1193111051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (779kB)
1193111051_Abstrak.pdf
Download (183kB)
1193111051_Kata_Pengantar.pdf
Download (316kB)
1193111051_Daftar_Isi.pdf
Download (324kB)
1193111051_Daftar_Gambar.pdf
Download (176kB)
1193111051_Daftar_Tabel.pdf
Download (281kB)
1193111051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (178kB)
1193111051_BAB_I.pdf
Download (425kB)
1193111051_BAB_V.pdf
Download (183kB)
1193111051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (307kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V
SDN 010247 Silo Lama pada tema peristiwa dalam kehidupan. Jenis penelitian ini
adalah Pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest
Design. Populasi dan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh
siswa kelas V SDN 010247 Silo Lama yang berjumlah 24 orang siswa dijadikan
sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis
data pada pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 57,5 dengan 24
jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas terdapat 8 siswa yang memenuhi
kriteria terampil dalam berbicara dan 16 siswa masuk dalam kriteria tidak terampil
dalam berbicara. Ketuntasan klasikal pada pre-test yaitu 33,4% yang artinya
keberhasilan atau ketuntasan klasikal masih rendah. Untuk itu dilakukan
penelitian dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script, yang
setelah dilakuakn post test memperoleh nilai rata-rata siswa 88,16 dengan 21
siswa mencapai kriteria terampilan berbicara dan 3 siswa masuk pada kriteria
tidak terampil berbicara. Maka nilai ketuntasan klasikal pada post test sebesar
87,5% yang artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script berhasil
memberikan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas V SDN 010247 Silo Lama pada tema peritiwa dalam
kehidupan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Script; Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:31 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58948 |