Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 010247 Silo Lama Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Skripsi

ALYA, KHARISMA RAMADHANI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 010247 Silo Lama Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111051_Cover.pdf] Text
1193111051_Cover.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1193111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 1193111051_Abstrak.pdf] Text
1193111051_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1193111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1193111051_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111051_Daftar_Isi.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1193111051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111051_Daftar_Gambar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1193111051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111051_Daftar_Tabel.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 1193111051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1193111051_BAB_I.pdf] Text
1193111051_BAB_I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1193111051_BAB_V.pdf] Text
1193111051_BAB_V.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1193111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V
SDN 010247 Silo Lama pada tema peristiwa dalam kehidupan. Jenis penelitian ini
adalah Pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest
Design. Populasi dan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh
siswa kelas V SDN 010247 Silo Lama yang berjumlah 24 orang siswa dijadikan
sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis
data pada pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 57,5 dengan 24
jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas terdapat 8 siswa yang memenuhi
kriteria terampil dalam berbicara dan 16 siswa masuk dalam kriteria tidak terampil
dalam berbicara. Ketuntasan klasikal pada pre-test yaitu 33,4% yang artinya
keberhasilan atau ketuntasan klasikal masih rendah. Untuk itu dilakukan
penelitian dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script, yang
setelah dilakuakn post test memperoleh nilai rata-rata siswa 88,16 dengan 21
siswa mencapai kriteria terampilan berbicara dan 3 siswa masuk pada kriteria
tidak terampil berbicara. Maka nilai ketuntasan klasikal pada post test sebesar
87,5% yang artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script berhasil
memberikan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas V SDN 010247 Silo Lama pada tema peritiwa dalam
kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Script; Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:31
Last Modified: 09 Jan 2025 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58948

Actions (login required)

View Item
View Item