Pengembangan E-Module Berbasis Flip PDF Professional Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Tema 5 Kelas III UPTD SD Negeri 018445 Hessa Perlompongan

HARDINI, JURIA (2023) Pengembangan E-Module Berbasis Flip PDF Professional Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Tema 5 Kelas III UPTD SD Negeri 018445 Hessa Perlompongan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111034_Cover.pdf] Text
1193111034_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1193111034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 1193111034_Abstrak.pdf] Text
1193111034_Abstrak.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1193111034_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111034_Kata_Pengantar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1193111034_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111034_Daftar_Isi.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 1193111034_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111034_Daftar_Gambar.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 1193111034_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111034_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193111034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193111034_BAB_I.pdf] Text
1193111034_BAB_I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1193111034_BAB_V.pdf] Text
1193111034_BAB_V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 1193111034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektifan e-module berbasis flip pdf professional. Penelitian ini menggunakan Research and Development. Adapun metode penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, kuesioner dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi oleh tenaga pendidik kelas III. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa e-module berbasis flip pdf professional masuk kedalam kategori sangat layak. Berdasarkan validasi : 1) Ahli Materi pembelajaran mendapatkan presentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori “sangat valid”; 2) Ahli Media pembelajaran dengan presentase rata-rata 81% dengan kategori “sangat valid”; 3) Ahli Praktisi dengan presentase rata-rata 92% dengan kategori “sangat praktis”. Serta dilanjutkan dengan penyebaran soal Pre-Test dan Post-Test terhadap Kelas III dengan jumlah siswa 20 orang, diperoleh nilai rata-rata Pre-Test 56,5 dengan kategori “cukup efektif” meningkat dengan hasil rata-rata Post-Test yaitu dengan nilai 85,75 dengan kategori “sangat efektif”. Dari perolehan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa e-module berbasis flip pdf professional yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-module; Flip Pdf Professional; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:31
Last Modified: 09 Jan 2025 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58947

Actions (login required)

View Item
View Item