KURNIA, IRA (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 9 St 1 Pb 1 Kelas V UPT SPF SDN 101765 B. Setia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411001_Cover.pdf
Download (332kB)
1192411001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (779kB)
1192411001_Abstrak.pdf
Download (212kB)
1192411001_Kata_Pengantar.pdf
Download (221kB)
1192411001_Daftar_Isi.pdf
Download (237kB)
1192411001_Daftar_Gambar.pdf
Download (206kB)
1192411001_Daftar_Tabel.pdf
Download (215kB)
1192411001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
1192411001_BAB_I.pdf
Download (551kB)
1192411001_BAB_V.pdf
Download (455kB)
1192411001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (327kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 9 subtema
1 pembelajaran 1 kelas V UPT SPF SDN 101765 Bandar Setia T.A.2022/2023.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi
Experiment. Desain penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design
dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest dan post-test. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SDN 101765 Bandar Setia yang
berjumlah 68 siswa. Sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random
sampling yang digunakan untuk memilih kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data terdiri atas tes pilihan berganda dan observasi. Hasil
penelitian mengatakan bahwa: 1) hasil nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah
38,68 dan posttest 54,56; 2) nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41,62
dan posttest 71,32; 3) hasil uji hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 9 subtema 1
pembelajaran 1 Kelas V UPT SPF SDN 101765 Bandar Setia T.A 2022/2023. Hal
ini dibuktikan dengan perhitungan uji-t yaitu t-hitung > t-tabel (4,603 > 1,996)
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Begitupun hasil signifikansi bernilai 0,000 <
0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning; Hasil belajar; Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58936 |