Pengaruh Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Tema 6 SDN 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023.

SIMBOLON, HARTIKA (2023) Pengaruh Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Tema 6 SDN 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111013_Cover.pdf] Text
1193111013_Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 1193111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 1193111013_Abstrak.pdf] Text
1193111013_Abstrak.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 1193111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1193111013_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111013_Daftar_Isi.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1193111013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111013_Daftar_Gambar.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1193111013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111013_Daftar_Tabel.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1193111013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1193111013_BAB_I.pdf] Text
1193111013_BAB_I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1193111013_BAB_V.pdf] Text
1193111013_BAB_V.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1193111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membuka dan menutup pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V Tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 SDN 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperiment dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa dari kelas V. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample test, dilakukan dengan bantuan program SPSS 26. Nilai rata-rata pretest sebesar 51,61 dan nilai rata-rata dari posttest sebesar 85,19. Ini menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil uji t paired sample test dengan nilai signifikan 2-tailed 0,000 yang menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh keterampilan membuka dan menutup pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas v tema 6 SDN 101820 pancur batu T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:28
Last Modified: 09 Jan 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58930

Actions (login required)

View Item
View Item