Kartika, Susan (2015) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121044 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5113121044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. NIM. 5113121044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 5113121044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 5113121044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
6. NIM. 5113121044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
7. NIM. 5113121044 TABLES.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
8. NIM. 5113121044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
9. NIM. 5113121044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 5113121044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 5113121044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas 1 program keahlian teknik produksi SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik produksi SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik produksi SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 73 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel. Kelas X TP A diterapkan model pembelajaran Problem Posing sedangkan X TP C diterapkan model pembelajaran Konvensional, yang tiap kelas terdiri dari 37 dan 36 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran Problem Posing diperoleh Lhitung= 0,1603 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,0890) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran Konvensional Lhitung = 0,1498 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,0783) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran kontekstual dan konvensional digunakan uji Barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,051 dan Ftabel = 1,881, maka Fhitung(1,004) < Ftabel (1,881) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 4,614 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Posing dengan pembelajaran Konvensional. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 81,4 dan hasil belajar rata-rata kelas control = 73.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 039 |
Keywords: | Problem Posing; Konvensional; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 07:31 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5893 |