RITONGA, FARHAN ARDIAN (2023) Pengembangan Media Ice Breaking Berbasis 4C Dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Sub Tema 1 Kelas III SD Negeri 107398 Sei Rotan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1183311060_Cover.pdf
Download (713kB)
1183311060_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (615kB)
1183311060_Abstrak.pdf
Download (1MB)
1183311060_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
1183311060_Daftar_Isi.pdf
Download (951kB)
1183311060_Daftar_Gambar.pdf
Download (892kB)
1183311060_Daftar_Tabel.pdf
Download (894kB)
1183311060_Daftar_Lampiran.pdf
Download (893kB)
1183311060_BAB_I.pdf
Download (1MB)
1183311060_BAB_V.pdf
Download (1MB)
1183311060_Daftar_Pustaka.pdf
Download (922kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa media Ice Breaking berbasis 4C dengan menggunakan aplikasi Powtoon pada pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1 Bendda-benda di sekitarku kelas II SD. Kemudian peneliti melakukan uji validasi pada media untuk mengetahui tingkat kelayakan media, keefektivan media dan kepraktisan media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) atau disebut juga R&D dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki 5 tahap, yaitu Analisis, desain, mengembangkan, mengimplementasikan, mengevaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Ice Breaking berbasis 4C dengan menggunakan aplikasi Powtoon pada pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1 Bendda-benda di sekitarku kelas II SD dapat dikatakan layak, efektif dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas III SD Negeri 107398 Sei Rotan. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh skor 96 dengan persentase 96%, maka materi yang digunakan dalam media pembelajaran dinyatakan “sangat layak”. Uji validasi oleh ahli media diperoleh skor 79 dengan persentae 79%, maka media pembelajaran dinyatakan dalam kategori “layak”. Hasil uji validasi oleh praktisi pendidikan diperoleh skor 96 dengan persentase 96%, maka media dinyatakan dalam kategori “sangat praktis”. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan diuji berdasarkan hasil belajar siswa etelah melaksanakan pre-test dan post-test. Berdasarkan uji keefektifan, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test yaitu 55,6 dan rata-rata nilai pada post-test adalah 86,56.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Ice Breaking; Keterampilan 4C; Powtoon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:26 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58922 |