SHELVIA, ELYA (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 1 Di SDN 107399 Bandar Khalipah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411022_Cover.pdf
Download (39kB)
1192411022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (870kB)
1192411022_Abstrak.pdf
Download (101kB)
1192411022_Kata_Pengantar.pdf
Download (193kB)
1192411022_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
1192411022_Daftar_Gambar.pdf
Download (137kB)
1192411022_Daftar_Tabel.pdf
Download (159kB)
1192411022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
1192411022_BAB_I.pdf
Download (329kB)
1192411022_BAB_V.pdf
Download (100kB)
1192411022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (254kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning dan Discovery Learning pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah, (2) untuk mengetahui perbedaan ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovey pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan VB sebanyak 20 orang sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Hasil penelitian dari uji hipotesis terdapat perbedaan antara kelas eksperimen l (VA) dengan menerapkan Problem Based Leraning dan kelas eksperimen (VB) dengan menerapkan Discovery Learning. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel = 4,168 > 1,686 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 (VA) dengan menerapkan Problem Based Laeaning dan kelas eksperimen 2 (VB) dengan menerapkan Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Laerning; Discovery Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:24 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58914 |