Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 1 Di SDN 107399 Bandar Khalipah.

SHELVIA, ELYA (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 1 Di SDN 107399 Bandar Khalipah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411022_Cover.pdf] Text
1192411022_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1192411022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of 1192411022_Abstrak.pdf] Text
1192411022_Abstrak.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 1192411022_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411022_Kata_Pengantar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1192411022_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411022_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1192411022_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411022_Daftar_Gambar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1192411022_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411022_Daftar_Tabel.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1192411022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1192411022_BAB_I.pdf] Text
1192411022_BAB_I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1192411022_BAB_V.pdf] Text
1192411022_BAB_V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1192411022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning dan Discovery Learning pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah, (2) untuk mengetahui perbedaan ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovey pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan VB sebanyak 20 orang sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Hasil penelitian dari uji hipotesis terdapat perbedaan antara kelas eksperimen l (VA) dengan menerapkan Problem Based Leraning dan kelas eksperimen (VB) dengan menerapkan Discovery Learning. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel = 4,168 > 1,686 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 (VA) dengan menerapkan Problem Based Laeaning dan kelas eksperimen 2 (VB) dengan menerapkan Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Laerning; Discovery Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:24
Last Modified: 09 Jan 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58914

Actions (login required)

View Item
View Item