Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat.

ANGGRAINI, DUWI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111035_Cover.pdf] Text
1193111035_Cover.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1193111035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of 1193111035_Abstrak.pdf] Text
1193111035_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1193111035_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111035_Kata_Pengantar.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1193111035_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111035_Daftar_Isi.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1193111035_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111035_Daftar_Gambar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1193111035_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111035_Daftar_Tabel.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1193111035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1193111035_BAB_I.pdf] Text
1193111035_BAB_I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 1193111035_BAB_V.pdf] Text
1193111035_BAB_V.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of 1193111035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran terhadap keaktifan belajar siaswa pada tema 7 subtema 2 SDN 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan quasi Eksperimen dengan pendekatan nonrandomized control-group pra perlakuan-post perlakuan design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket berjumlah 20 butir pernyataan. Tempat penelitian dilakukan di SDN 104208 Cinta Rakyat dengan subjek penelitian terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas eksperimen (IV-B) dan kelas kontrol (IV-A). Perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw diberikan kepada kelas eksperimen, dan perlakuan dengan model konvensional diberikan kepada kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Kemudian uji hipotesis dilalui menggunakan uji independentt test. Hasil Penelitian berupa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap keaktifan Belajar siswa yang tergolong cukup tinggi dengan skor rata-rata presentase kelas eksperimen pada pra perlakuan sebesar 77% dan post perlakuan sebesar 85% sedangkan pada kelas kontrol pra perlakuan sebesar 71% dan post perlakuan 73%. (2) Pada hasil perhitungan uji T test diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (7,29>2,042) pada signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan df= 30. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak dengan signifikansi sig (2-tailed) yaitu 0,001 <0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara Keaktifan belajar siswa pada Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw dan Keaktifan Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:21
Last Modified: 09 Jan 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58905

Actions (login required)

View Item
View Item