ANGGRAINI, DUWI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111035_Cover.pdf
Download (220kB)
1193111035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (821kB)
1193111035_Abstrak.pdf
Download (206kB)
1193111035_Kata_Pengantar.pdf
Download (333kB)
1193111035_Daftar_Isi.pdf
Download (242kB)
1193111035_Daftar_Gambar.pdf
Download (172kB)
1193111035_Daftar_Tabel.pdf
Download (182kB)
1193111035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (179kB)
1193111035_BAB_I.pdf
Download (459kB)
1193111035_BAB_V.pdf
Download (797kB)
1193111035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (415kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran terhadap keaktifan belajar siaswa pada tema 7 subtema 2 SDN 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan quasi Eksperimen dengan pendekatan nonrandomized control-group pra perlakuan-post perlakuan design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket berjumlah 20 butir pernyataan. Tempat penelitian dilakukan di SDN 104208 Cinta Rakyat dengan subjek penelitian terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas eksperimen (IV-B) dan kelas kontrol (IV-A). Perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw diberikan kepada kelas eksperimen, dan perlakuan dengan model konvensional diberikan kepada kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Kemudian uji hipotesis dilalui menggunakan uji independentt test. Hasil Penelitian berupa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap keaktifan Belajar siswa yang tergolong cukup tinggi dengan skor rata-rata presentase kelas eksperimen pada pra perlakuan sebesar 77% dan post perlakuan sebesar 85% sedangkan pada kelas kontrol pra perlakuan sebesar 71% dan post perlakuan 73%. (2) Pada hasil perhitungan uji T test diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (7,29>2,042) pada signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan df= 30. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak dengan signifikansi sig (2-tailed) yaitu 0,001 <0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara Keaktifan belajar siswa pada Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw dan Keaktifan Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:21 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58905 |