Pengembangan Instrumen Asesmen Berbantuan Quizizz Mode Kertas pada Materi Teks Prosedur sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit

Br. Tarigan, Anna Juliana (2024) Pengembangan Instrumen Asesmen Berbantuan Quizizz Mode Kertas pada Materi Teks Prosedur sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226192010_Cover.pdf] Text
8226192010_Cover.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8226192010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226192010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 8226192010_Abstrak.pdf] Text
8226192010_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8226192010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226192010_Kata_Pengantar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8226192010_Daftar_Isi.pdf] Text
8226192010_Daftar_Isi.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 8226192010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226192010_Daftar_Tabel.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 8226192010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226192010_Daftar_Gambar.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8226192010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226192010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8226192010_BAB_I.pdf] Text
8226192010_BAB_I.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of 8226192010_BAB_V.pdf] Text
8226192010_BAB_V.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8226192010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226192010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi oleh kurang tersedianya instrumen asesmen yang memotivasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit dalam melaksanakan asemen pada pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini, yakni untuk (1) Mengetahui proses pengembangan instrumen asesmen berbantuan quizizz mode kertas pada materi teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit; (2) Mengetahui tingkat kevalidan instrumen asesmen berbantuan quizizz mode kertas pada materi teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit; (3) Mengetahui tingkat kepraktisan instrumen asesmen berbantuan quizizz mode kertas pada materi teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg and Gall. Data diolah dalam bentuk kuntitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada validator asesmen, validator desain, pendidik mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, serta peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sibolangit. Sementara, data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator dan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan instrumen melalui delapan tahapan, yakni yakni 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk awal; 4). Uji coba awal (20 peserta didik); 5) Revisi produk awal; 6) Uji lapangan (30 peserta didik); 7) Revisi produk akhir; dan 8) Diseminasi dan implementasi. (2) Berdasarkan uji kevalidan asesmen dan desain diperoleh hasil tingkat kevalidan dari ahli asesmen sebesar 84, 38 % dengan katagori sangat valid serta dari ahli desain sebesar 91,5 % dengan katagori sangat valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari pengguna, yanki pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik diperoleh hasil tingkat kepraktisan dari pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 86% dengan kategori sangat praktis serta dari peserta didik sebesar 97 % dengan katagori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.027 Tar p
Keywords: Instrumen Asesmen, Pengembangan, Quizizz Mode Kertas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P326 Lexicology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Jul 2024 11:54
Last Modified: 23 Jul 2024 11:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58837

Actions (login required)

View Item
View Item