Khairunnisa (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8206184002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Cover.pdf
Download (292kB)
![[thumbnail of 8206184002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206184002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Abstrak.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 8206184002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Kata_Pengantar.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 8206184002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Daftar_Isi.pdf
Download (357kB)
![[thumbnail of 8206184002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Daftar_Tabel.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 8206184002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Daftar_Gambar.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of 8206184002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 8206184002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_BAB_I.pdf
Download (809kB)
![[thumbnail of 8206184002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_BAB_V.pdf
Download (530kB)
![[thumbnail of 8206184002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (681kB)
Abstract
Pembelajaran di perguruan tinggi memerlukan pembaharuan yang terus menerus dalam mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas setiap alumni. Fenomena yang ditemukan, konsep metakognisi belum diterapkan dalam pembelajaran dan beberapa mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPS menunjukkan hasil belajar yang tidak stabil dan memerlukan peningkatan dan pengembangan hasil belajar yang mengintegrasikan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terlihat bahwa hasil belajar setiap tahunnya bervariasi, namun masih dalam kategori tinggi. Meskipun hasil belajar mahasiswa dalam ketegori tinggi, namun belum menunjukkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan belum ditemukan dosen dalam bidang IPS yang mengimplementasikan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Fenomena lain yang ditemukan adalah belum ada dosen bidang IPS pada pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Negeri Medan yang mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian untuk melihat kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan dari pengembangan model pembelajaran group investigation berbasis metakognisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPS di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development) yang dikembangkan oleh Plomp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan model pembelajaran group investigation berbasis metakognisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Kha p |
Keywords: | Group Investigation, Metakognisi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 10:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 10:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58776 |