ENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 BALIGE.

Simanjuntak, Eire Abdul A (2015) ENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113331009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113331009 COVER.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113331009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113331009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113331009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113331009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113331009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113331009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113331009 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113331009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113331009 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113331009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113331009 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113331009 BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113331009 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113331009 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri memperoleh hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui apakah siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi memperoleh hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis renda dan untuk mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis dalam meningkatkan hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Balige pada semester satu tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio-Video SMK Negeri 1 Balige yang mengikuti kompetensi Menerapkan Dasar- Dasar Elektronika. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen (kelas yang diajari dengan strategi pembelajaran inkuiri adalah kelas X AV2 yang berjumlah 31 siswa serta kelas X AV1 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan strategi embelajaran ekspositori) yang berjumlah 29 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa.
Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan memiliki kemampuan berpikir logis tinggi adalah berdistribusi normal dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan memiliki kemampuan berpikir logis rendah adalah distribusi normal dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki kemampuan berpikir logis tinggi adalah distribusi normal dan data hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki kemampuan berpikir logis rendah adalah distribusi normal dan kedua varians data adalah Homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Hasil belajar siswa yang diajari dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada yang diajari dengan strategi pembelajaran ekspositori, dimana (Fhitung = 8,811 > Ftabel = 4,012) (b) Siwa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi mempunyai hasil belajar lebih tinggi di bandingkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, dimana (Fhitung = 33,417 > Ftabel = 4,012), (c) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 22,22 > Ftabel = 4,012).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ELK 001
Keywords: Strategi Belajar Ekspositori; Elektronika Dasar; Kemampuan Berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jun 2016 01:39
Last Modified: 20 Jun 2016 01:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5877

Actions (login required)

View Item
View Item