Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Discovery serta Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa SMP Negeri 1 Kualuh Selatan

Lestari, Sri Endang (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Discovery serta Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181015_Cover.pdf] Text
8226181015_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8226181015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 8226181015_Abstrak.pdf] Text
8226181015_Abstrak.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 8226181015_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181015_Kata_Pengantar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 8226181015_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181015_Daftar_Isi.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 8226181015_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181015_Daftar_Tabel.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 8226181015_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181015_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8226181015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 8226181015_BAB_I.pdf] Text
8226181015_BAB_I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 8226181015_BAB_V.pdf] Text
8226181015_BAB_V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 8226181015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (407kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terkait tentang kelayakan, keefektifan dan kepraktisan pengembangan Bahan Bacaan Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Kegiatan Literasi Kelas IV SD Negeri 1 Kota Fajar Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) yaitu pendekatan pengembangan model 4D (Four-D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kota Fajar. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Waktu penelitian ini direncanakan dilaksanakan mulai bulan April 2023 sampai Juni 2023. Instrumen yang disusun oleh peneliti yaitu untuk menentukan Validitas, Kepraktisan, dan Efektifitas produk bahan bacaan yang dibuat. Penelitian dan kajian proses pengembangan dengan model 4D menghasilkan kesimpulan bahwasanya berdasarkan rekapitulasi dari Tim Ahli Validator Materi diperoleh persentase 87,5%, ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dan ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 90% maka bahan bacaan yang dikembangkan oleh peneliti telah memenuhi kriteria kevalidan sehingga dinyatakan sangat Layak. Berdasarkan hasil perolehan peningkatan nilai pretest dan postes sebesar 27,84 yaitu dari nilai 55,10 dan rata-rata nilai posttest mendapatka nilai 82,94 maka bahan bacaan berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan kuesioner yang dirancang untuk menganalisis reaksi pengguna dan guru terhadap media bahan bacaan berbasis kearifan lokal untuk pengujian kepraktisan pengguna skor yang didapatkan adalah 27 dari total skor maksimal 30 dengan persentase sebesar 90%. Ini berarti bahwa analisi data kepraktisan sangat baik dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Les p
Keywords: Model pembelajaran, inkuiri terbimbing, model discovery, gaya belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:04
Last Modified: 18 Jul 2024 10:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58769

Actions (login required)

View Item
View Item