Lestari, Sri Endang (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Discovery serta Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Masters thesis, UNIMED.
8226181015_Cover.pdf
Download (191kB)
8226181015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (379kB)
8226181015_Abstrak.pdf
Download (459kB)
8226181015_Kata_Pengantar.pdf
Download (393kB)
8226181015_Daftar_Isi.pdf
Download (538kB)
8226181015_Daftar_Tabel.pdf
Download (364kB)
8226181015_Daftar_Gambar.pdf
Download (174kB)
8226181015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (285kB)
8226181015_BAB_I.pdf
Download (421kB)
8226181015_BAB_V.pdf
Download (94kB)
8226181015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (407kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini terkait tentang kelayakan, keefektifan dan kepraktisan pengembangan Bahan Bacaan Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Kegiatan Literasi Kelas IV SD Negeri 1 Kota Fajar Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) yaitu pendekatan pengembangan model 4D (Four-D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kota Fajar. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Waktu penelitian ini direncanakan dilaksanakan mulai bulan April 2023 sampai Juni 2023. Instrumen yang disusun oleh peneliti yaitu untuk menentukan Validitas, Kepraktisan, dan Efektifitas produk bahan bacaan yang dibuat. Penelitian dan kajian proses pengembangan dengan model 4D menghasilkan kesimpulan bahwasanya berdasarkan rekapitulasi dari Tim Ahli Validator Materi diperoleh persentase 87,5%, ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dan ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 90% maka bahan bacaan yang dikembangkan oleh peneliti telah memenuhi kriteria kevalidan sehingga dinyatakan sangat Layak. Berdasarkan hasil perolehan peningkatan nilai pretest dan postes sebesar 27,84 yaitu dari nilai 55,10 dan rata-rata nilai posttest mendapatka nilai 82,94 maka bahan bacaan berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan kuesioner yang dirancang untuk menganalisis reaksi pengguna dan guru terhadap media bahan bacaan berbasis kearifan lokal untuk pengujian kepraktisan pengguna skor yang didapatkan adalah 27 dari total skor maksimal 30 dengan persentase sebesar 90%. Ini berarti bahwa analisi data kepraktisan sangat baik dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Les p |
Keywords: | Model pembelajaran, inkuiri terbimbing, model discovery, gaya belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 10:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58769 |